Apa itu SEO Marketing? Pengertian dan Manfaatnya

Apa itu SEO Marketing? Pengertian dan Manfaatnya

Hello World! Ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya dengan tema SEM vs. SEO dan kali ini berjudul Apa itu SEO Marketing, oke tanpa basa-basi langsung ke intinya. Stay tune!

Apa itu SEO Marketing?

SEO Marketing adalah bagian dari Marketing digital yang melibatkan optimasi situs web dan halaman web untuk mesin pencari utama seperti Google. Karena mesin pencari ini menjadi cara utama untuk menemukan apa saja, berbagai praktik telah muncul untuk membantu organisasi meningkatkan visibilitas aset digital mereka.

Istilah "Search Engine Optimization (SEO)" mengacu pada campuran taktik internal dan eksternal. Mesin pencari utama masing-masing memiliki formula sendiri atau "saus rahasia" untuk peringkat halaman dalam hasil pencarian. Secara teknis disebut sebagai algoritme, formula ini adalah praktik yang dijaga ketat yang dilindungi oleh mesin pencari utama sebagai rahasia dagang.

Melalui trial and error dari waktu ke waktu, pakar SEO Marketing secara efektif membalikkan aspek algoritma ini untuk mengisolasi praktik terbaik untuk Marketing mesin pencari. Dengan menggunakan taktik SEO yang teruji dan benar, organisasi dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat mereka dalam mesin pencari utama.

* * * * *

Mengapa Pemasaran Mesin Pencari Penting?

Di dunia modern, teknologi adalah bagian penting dari kehidupan, dan mesin pencari memainkan peran penting dalam kenyataan itu. Ribuan pengguna melakukan kueri mesin pencari hampir setiap detik setiap hari. Itu adalah audiens yang sangat besar dan terus-menerus diisi ulang untuk dijangkau dari perspektif pemasaran.

Menggali sedikit lebih dalam ke dalam data, menjadi jelas bahwa SEO pemasaran adalah alat yang sangat kuat. Courtesy of SEO Tribunal , statistik di bawah ini mewakili angka perkiraan untuk menunjukkan dampak pemasaran mesin pencari:

  • 67.000 pengguna melakukan pencarian Google setiap detik setiap hari.
  • 93 persen upaya online dimulai dengan permintaan mesin pencari.
  • 80 persen pencari mengabaikan iklan berbayar di hasil pencarian. 
  • 58 persen pencarian online berasal dari perangkat seluler.
  • 46 persen pencarian Google terfokus secara lokal dan geografis.
  • 39 persen lalu lintas global ke situs web eCommerce berasal dari mesin pencari.

Secara keseluruhan, mesin pencari mewakili saluran besar pelanggan potensial untuk tujuan pemasaran. Selain itu, strategi pemasaran SEO cenderung memiliki tingkat konversi yang jauh lebih tinggi daripada upaya pemasaran atau periklanan tradisional. Oleh karena itu, organisasi yang mengabaikan pemasaran mesin pencari melakukannya dengan risiko mereka sendiri.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memaksimalkan manfaat SEO pemasaran, penting untuk memahami cara kerja dua kategori utama — SEO On-page dan SEO Off-Page.

* * * * *

Apa Komponen SEO On-Page?

Kadang-kadang disebut sebagai “on-site SEO,” on-page SEO berhubungan dengan optimasi situs web dan halaman untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari utama. Organisasi memiliki tingkat kontrol yang tinggi atas elemen SEO pada halaman, sehingga relatif mudah untuk mengoptimalkan faktor-faktor ini dan meningkatkan peringkat pencarian.

Beberapa aspek penting dari SEO on-page meliputi Konten, Keyword, HTML, dan  Arsitektur.

Content

Pemasaran mesin pencari sangat bergantung pada produksi konten yang baik secara teratur. Dari sudut pandang ini, konten harus memenuhi kebutuhan, umumnya dengan memberikan informasi atau menjawab pertanyaan. Pada akhirnya, konten harus berguna untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian, baik konten tersebut muncul dalam format teks, audio, atau video.

Secara keseluruhan, konten digital harus mematuhi aturan berikut untuk mengoptimalkan pemasaran mesin pencari:

Superior Quality

Mesin telusur terus-menerus mencoba memberi peringkat konten berkualitas tinggi di atas penawaran berkualitas rendah. Ketika organisasi memproduksi dan mengirimkan konten yang memberikan nilai kepada pengguna akhir, peringkat mesin pencari cenderung meningkat secara bersamaan.

Targeted Intent

Mesin pencari mengevaluasi niat pengguna saat mencari untuk membantu memberikan hasil terbaik. Dengan demikian, konten digital harus sesuai dengan maksud yang diinginkan dari pengguna yang ditargetkan. Misalnya, postingan resep dengan instruksi harus ditargetkan untuk pencarian bantuan memasak.

Timely & Relevant

Kadang-kadang disebut sebagai kesegaran, konten baru yang tepat waktu dan relevan biasanya akan berperingkat lebih tinggi daripada konten lama. Tetapi mesin pencari juga menghargai halaman dengan konten yang diperbarui, seperti statistik baru atau tautan yang diperbarui.

Karena mesin pencari utama telah berevolusi dari waktu ke waktu, konten telah muncul sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkan SEO pemasaran. Tanpa menghasilkan konten berkualitas tinggi secara konsisten, sangat sulit untuk mencapai tujuan pemasaran mesin pencari.

Keyword

Keyword atau kata kunci merujuk pada subjek atau topik konten yang menjadi dasar kueri penelusuran. Penelitian dan pemilihan Keyword terkait erat dengan produksi konten dan mendasar bagi upaya pemasaran SEO. Untuk memaksimalkan pemasaran mesin pencari, organisasi harus memilih Keyword yang tepat, baik dari segi frekuensi pencarian dan daya saing.

Dari sudut pandang frekuensi, organisasi harus memanfaatkan alat penelitian Keyword untuk mengevaluasi seberapa sering pengguna menelusuri istilah tertentu. Bahkan jika Keyword tertentu sangat relevan dengan produk atau layanan bisnis, itu tidak mungkin menjadi alat yang efektif jika tidak ada yang mencarinya. Akibatnya, memilih Keyword yang populer sangat penting untuk pemasaran SEO.

Karena itu, penting juga untuk menilai persaingan untuk Keyword populer. Jika ada banyak perusahaan lain yang sudah menggunakan Keyword — terutama organisasi mapan dengan tingkat gravitasi online yang tinggi — akan sulit untuk menembus hasil pencarian teratas. Saat lanskap sepadat ini, ada baiknya Anda mengevaluasi Keyword terkait yang memiliki persaingan lebih sedikit.

HTML

Optimalisasi elemen HTML tertentu dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian situs web atau halaman. Dalam pengertian ini, cara halaman HTML ditandai, dijelaskan, dan diberi label menunjukkan tingkat kualitas mesin pencari. Meluangkan waktu untuk membersihkan dan memelihara elemen HTML dapat berdampak besar pada upaya pemasaran digital.

Sebagai catatan khusus, elemen HTML berikut cenderung berperan dari sudut pandang SEO pemasaran:

Tag Judul

Tag judul berfungsi sebagai deskripsi halaman, muncul di hasil pencarian dan tab browser pengguna. Tag judul harus menyertakan kata kunci target dan memberikan alasan yang menarik untuk mengklik tautan di hasil pencarian.

Meta Description

Deskripsi meta muncul di bawah tag judul dalam hasil pencarian, memberikan rincian umum dari halaman yang dimaksud. Biasanya dibatasi hingga 160 karakter, deskripsi ini dapat memberikan informasi tambahan yang meyakinkan pengguna untuk mengklik konten.

URL

URL adalah alamat digital halaman web yang unik dari semua halaman lainnya. Untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian, URL harus menyertakan kata kunci target dan menunjukkan hierarki situs. Jika informasi ini tidak muncul dengan jelas di URL, hal itu dapat berdampak negatif pada peringkat pencarian.

Teks Alt

Teks Alt mengacu pada deskripsi gambar yang secara tradisional digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pengguna dengan disabilitas visual. Selain mendeskripsikan gambar, teks alt juga dapat menyertakan kata kunci target untuk membantu meningkatkan peringkat pencarian.

Judul

Judul membantu membagi bagian konten menjadi beberapa bagian terpisah, berfungsi mirip dengan garis besar. Biasanya ada enam tingkat heading dalam konten HTML, dengan heading “H1” mengacu pada judul. Dengan membagi konten menjadi bagian-bagian yang dapat dicerna dan memberi label masing-masing dengan judul yang sesuai, ini dapat meningkatkan upaya pemasaran SEO.

Arsitektur

Arsitektur situs web atau halaman adalah aspek penting lain dari SEO on-page. Meskipun pengguna akhir biasanya tidak mengunjungi halaman untuk memeriksa arsitekturnya, elemen di balik layar ini dapat berdampak drastis pada pemasaran SEO.

Saat mengoptimalkan situs web atau halaman untuk manfaat SEO, elemen arsitektur berikut menjadi perhatian penting:

Sitemap

Mesin pencari menggunakan proses otomatis untuk "merangkak" atau mengindeks konten digital dan menentukan peringkat yang sesuai. Membuat peta situs terorganisir dari semua halaman di situs tertentu dapat membantu upaya perayapan dan juga meningkatkan pemasaran mesin telusur.

Fast Loading

Halaman yang dimuat dengan cepat cenderung memiliki peringkat lebih tinggi di peringkat mesin pencari. Ketika halaman atau salah satu elemennya membutuhkan waktu untuk dimuat, itu menciptakan pengalaman pengguna yang negatif. Mesin pencari mendevaluasi halaman yang memuat lambat sesuai dengan itu.

Mobile Friendly

Dengan munculnya teknologi seluler, aktivitas pencarian yang terus berkembang terjadi di ponsel dan perangkat serupa. Sejalan dengan itu, mesin pencari utama akan menghukum situs web atau halaman yang tidak dioptimalkan untuk pengalaman seluler yang efisien.

Keamanan Situs Web

Mesin pencari berhati-hati dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web yang tidak aman atau tidak aman. Tujuan ini menimbulkan risiko yang melekat pada pengguna akhir, yang biasanya menghasilkan peringkat pencarian yang diturunkan. Dengan mengamankan situs web mereka dengan sertifikat HTTPS dan SSL, organisasi dapat memperoleh kredibilitas dari sudut pandang peringkat pencarian.

* * * * *

Apa Elemen SEO Off-Page?

Sementara organisasi memiliki tingkat kontrol yang luas mengenai SEO on-page, itu bisa sedikit berbeda untuk SEO off-page. Pada tingkat yang lebih besar, SEO off-page berkaitan dengan reputasi dan popularitas situs web dan halaman web. Misalnya, referensi eksternal ke situs atau halaman — sering disebut sebagai “tautan balik” — sangat penting untuk memaksimalkan dampak SEO pemasaran.

Beberapa aspek penting dari SEO on-page meliputi Tautan, Otoritas, Geografi, dan Sosial.

Link atau Tautan

External Link ke konten digital organisasi adalah aspek yang sangat berharga dari pemasaran mesin telusur. Tautan internal dari satu halaman situs web ke halaman lain juga penting karena menunjukkan tingkat organisasi dan kohesi ke mesin pencari utama. Namun, tidak semua tautan dibuat sama.

Kualitas tautan seringkali lebih penting daripada jumlah keseluruhan tautan ke situs atau halaman tertentu. Tautan kualitas tertinggi ke konten digital berasal dari tujuan terkemuka di tempat lain secara online. Situs web yang menautkan ini memiliki otoritas tingkat tinggi (lebih lanjut tentang ini di bawah), yang menunjukkan tingkat kredibilitas dan kegunaan tertentu.

Meskipun tidak sepenting kualitasnya, jumlah tautan ke situs atau halaman juga penting untuk pemasaran SEO. Ketika ada banyak tautan ke konten digital, itu dapat menunjukkan nilai dan popularitas. Tapi ini bukan situasi quid pro quo. Menambah kuantitas tautan tidak serta merta meningkatkan peringkat pencarian, terutama jika tautan memiliki nilai kecil atau berasal dari tujuan tingkat rendah.

Pada akhirnya, pemasar harus ingat bahwa membangun profil tautan yang solid membutuhkan waktu. Tidak ada jalan pintas di arena ini, karena mesin telusur cenderung mendevaluasi tautan berisi spam yang hanya menambahkan sedikit atau tidak ada nilai sama sekali. Padahal, tautan terpisah dari berbagai sumber tepercaya dapat meningkatkan kepercayaan situs web atau halaman web tertentu. Selain itu, tautan internal membantu mengatur tata letak situs web dan dapat meningkatkan upaya pemasaran SEO.

Authority

Authority atau kepercayaan dari situs web atau halaman web tertentu adalah aspek penting lain dari SEO di luar halaman. Dilihat melalui lensa makro, situs web yang dapat dipercaya dan berwibawa umumnya akan menempati halaman pertama hasil di mesin pencari utama. Untuk membangun otoritas dari waktu ke waktu, terapkan praktik SEO transparan dan bangun reputasi online yang kredibel.

Aspek penting otoritas dari sudut pandang SEO pemasaran meliputi:

Authority Domain

Authority atau otoritas domain adalah skor peringkat yang mencoba memprediksi bagaimana seluruh situs web akan diberi peringkat dalam hasil mesin pencari. Otoritas domain melibatkan analisis tautan balik, domain tingkat atas, dan berbagai faktor lainnya. Situs web dengan otoritas domain tinggi cenderung berkinerja lebih baik dalam hasil pencarian.

Usia Domain

Usia domain merupakan aspek penting dari otoritas. Situs web yang telah ada sejak lama cenderung berperingkat lebih tinggi daripada situs baru. Tetapi usia domain tidak meningkatkan peringkat dengan sendirinya. Dengan kata lain, peringkat pencarian tidak meningkat hanya karena sebuah situs web telah ada untuk sementara waktu.

Page Authority

Page Authority adalah skor peringkat yang mencoba memprediksi bagaimana peringkat satu halaman dalam hasil mesin pencari. Otoritas halaman melibatkan analisis yang secara substansial mirip dengan otoritas domain tetapi dilakukan hanya pada satu halaman. Halaman dengan otoritas tinggi cenderung berkinerja lebih baik dalam hasil pencarian.

Bounce Rate

Bounce Rate atau rasio pentalan mengacu pada jumlah pengguna yang melihat satu halaman di situs web sebelum keluar. Apakah pengguna terpental karena konten yang buruk, waktu pemuatan yang lambat, atau pengalaman yang buruk, implikasinya jelas. Situs web dengan rasio pentalan tinggi kurang otoritatif dan, dengan demikian, kehilangan manfaat SEO tertentu.

Geografi

Aspek geografis SEO off-page sebagian besar berkaitan dengan lokasi dan demografi. Mengingat meningkatnya prevalensi penelusuran seluler, faktor geografi sangat mempengaruhi peringkat hasil penelusuran untuk pengguna tertentu. Lebih tepatnya, hasil pencarian lokal dalam kota atau kode pos tertentu semakin populer. Mesin pencari telah bereaksi bersama-sama, mengalihkan fokus ke hasil lokal untuk banyak jenis kueri.

Dari sudut pandang nasional, mesin pencari cenderung memiliki situs web terpisah untuk setiap negara. Ini memungkinkan segmentasi situs web dan halaman web, yang secara khusus ditargetkan untuk pengguna di negara tertentu. Bahkan jika dua negara berbagi bahasa yang sama — seperti Amerika Serikat dan Inggris Raya — pengguna biasanya menginginkan hasil di negara mereka sendiri.

Dari sudut pandang internasional, organisasi global biasanya menetapkan strategi SEO pemasaran terpisah untuk setiap negara tempat mereka beroperasi, termasuk terjemahan yang diperlukan. Dengan cara ini, organisasi internasional dapat memanfaatkan pendekatan yang ditargetkan di berbagai negara dan hasil pencarian, menarik calon pelanggan dari seluruh dunia.

Sosial

Membangun kehadiran yang solid di media sosial juga dapat membantu meningkatkan upaya pemasaran mesin pencari. Lebih khusus lagi, mesin pencari melihat bagaimana pengguna berbagi konten organisasi dari sudut pandang:

Kualitas

Metrik kualitas berbagi sosial melibatkan sentimen atau pendapat pengguna, termasuk komentar, balasan, dan peringkat. Dalam hal ini, metrik kualitas mencoba menyaring apakah pengguna yang membagikan konten melakukannya dengan cara yang positif, negatif, atau acuh tak acuh.

Kuantitas

Metrik kuantitas dari share sosial lebih mudah, cukup mengukur jumlah total share. Meskipun jumlah saham yang tinggi tidak diragukan lagi merupakan hal yang baik, itu tidak selalu berarti konversi atau pelanggan.

Untuk memaksimalkan aspek sosial dari SEO off-page, diskusi kembali ke pentingnya konten. Dengan membuat konten berkualitas tinggi dan memposting secara teratur, adalah mungkin untuk memperkuat kualitas dan kuantitas berbagi sosial.

* * * * *

Bagaimana Organisasi Dapat Meningkatkan Hasil SEO Pemasaran?

Singkatnya, cara terbaik untuk meningkatkan upaya pemasaran mesin pencari adalah dengan menggunakan strategi khusus untuk SEO on-page dan off-page. Yang paling penting, konten cenderung naik ke atas.

Tanpa menghasilkan konten yang unggul secara teratur, sulit untuk mendapatkan popularitas dan membangun tautan yang luas. Pada akhirnya, halaman yang paling efisien dan dioptimalkan tidak banyak berguna tanpa konten yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas.

Karena itu, organisasi yang ingin memaksimalkan manfaat SEO pemasaran mereka harus mematuhi rekomendasi di bawah ini:

  • Buat konten kelas atas secara konsisten untuk memberikan informasi berharga dan mengarahkan lalu lintas online.
  • Lakukan penelitian kata kunci untuk mengisolasi istilah pencarian yang sesuai dan seimbang secara kompetitif.
  • Optimalkan elemen HTML untuk memberi label, membagi, dan mengatur konten digital.
  • Pastikan arsitektur situs dan halaman aman, efisien, dan dapat diakses di beberapa perangkat.
  • Bangun tautan dan otoritas berkualitas dari waktu ke waktu untuk mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan di mata mesin pencari utama.
  • Sejajarkan situs web dan laman web ke area geografis tertentu, dengan penargetan lokal, nasional, dan internasional.
  • Membangun fondasi yang kuat dalam jaringan media sosial untuk mendorong kualitas dan kuantitas berbagi konten digital.

Seperti disebutkan sebelumnya, mesin pencari merupakan arena yang sangat penting dan terus berkembang untuk peluang pemasaran. Organisasi yang menggunakan taktik SEO on-page dan off-page di atas akan menuai keuntungan besar.

* * * * *

Tapi Tunggu, Bukankah Pemasaran SEO Berubah Sepanjang Waktu?

Memang benar bahwa mesin pencari utama memperbarui algoritma mereka secara teratur. Dari sudut pandang umum, mesin telusur terus berusaha menyempurnakan pendekatan mereka untuk memberikan hasil penelusuran yang optimal untuk setiap kueri. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan jawaban terbaik kepada pengguna pencarian secepat mungkin.

Dalam upaya untuk memberikan hasil terbaik kepada pengguna, mesin pencari utama juga harus meminimalkan aktor yang mencoba meningkatkan hasil mereka secara artifisial. Kenyataan ini mengarahkan mesin pencari untuk memperbarui algoritme mereka secara teratur untuk menghukum aktor jahat (“SEO Black Hat”) dan memberi penghargaan kepada aktor yang baik (“SEO White Hat”).

Aktor SEO Black Hat menggunakan taktik licik untuk meningkatkan peringkat mesin pencari mereka secara artifisial, tanpa terlibat dalam strategi SEO yang sudah mapan. Aktor-aktor ini fokus pada kuantitas daripada kualitas, memposting banyak konten, kata kunci, dan tautan yang cenderung memiliki nilai kecil. Bahkan jika pendekatan ini menghasilkan hasil jangka pendek, mesin pencari belajar dengan cepat dan menutup celah ini.

Di sisi lain, aktor SEO White Hat mendedikasikan waktu dan sumber daya untuk membangun aset digital yang tepercaya dan berwibawa. Aktor-aktor ini menggunakan teknik SEO on-page dan off-page, membuat konten bernilai tinggi, mengoptimalkan halaman, dan membangun tautan berkualitas. Ketika organisasi mengambil pendekatan SEO White Hat, mereka cenderung tidak menderita ketika mesin pencari memperbarui algoritme mereka.

* * * * *

Ringkasan

Pikirkan secara matang dan bijak apakah Pakar SEO Marketing anda benar-benar melakukan itu atau tidak, karena bagaimana pun ini menjadi faktor penting kesuksesan sebuah pemasaran atau merketing digital. Terlebih jika anda membangun sebuah Branding, hal ini sangatlah penting dan saya yakin.

Lanjutan, pada akhirnya, pengalaman pengunggun adalah hal yang paling penting, bagaimana bisnis anda memberi pelayanan, apakah situs bisnis anda Mobile-Friendly, apakah bisnis anda mendukung kecepata loading yang mumpuni, apakah bisnis anda mudah dijangkau dan lain sebagainya.

Jadi itulah sedikit penjelasan Apa itu SEO Marketing, bagaimanapun juga anda ingin bisnis anda menguntungkan bukan? jadi semoga tulisan ini menjadi inspirasi bisnis anda. Semoga beruntung dan Salam!

Young
Young Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar untuk "Apa itu SEO Marketing? Pengertian dan Manfaatnya"