ikuti Young di Google News

Perbadaan Internal Link dan External Link dalam SEO

Menggunakan tautan internal dan eksternal yang sesuai di situs Anda pada akhirnya akan meningkatkan visibilitas pencarian dan posisi situs web Anda.
Internal Link dan External Link

Hello World! Pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit pemahaman tentang Perbedaan Internal Link dan External Link dalam SEO, saya harap kalian atau anda sekalian bisa memahamiblnya hehe. Oke lansung saja.

Untuk memiliki proses SEO yang kuat untuk situs web Anda, Anda harus memahami perbedaan antara tautan internal dan tautan eksternal, dan bagaimana mereka dapat meningkatkan taktik SEO Anda. (link = tautan)

Menggunakan tautan internal dan eksternal yang sesuai di situs Anda pada akhirnya akan meningkatkan visibilitas pencarian dan posisi situs web Anda. Dalam artikel ini, kami membahas:

  • Perbedaan Antara Link Internal dan Eksternal
  • Manfaat Link Internal
  • Manfaat Link Eksternal

Memahami lebih lanjut tentang struktur tautan dari artikel ini dapat membantu halaman Anda tampil lebih tinggi di peringkat.

* * * * *

Perbedaan Internal Link dan External Link

Tautan internal adalah hyperlink di satu halaman situs Anda yang mengarahkan pembaca ke halaman tambahan di  situs web Anda  , sedangkan tautan eksternal adalah hyperlink yang mengarahkan pembaca ke halaman di situs web terhormat yang terpisah.

Tautan eksternal mungkin tampak tidak logis — lagi pula, Anda tidak ingin pelanggan mengeklik tautan yang mengarahkan mereka keluar dari situs web Anda.

Namun, menghubungkan ke informasi yang dapat dipercaya (dari situs otoritas, bukan situs spam) memungkinkan Anda terlihat seperti otoritas dan dapat membantu Google memahami konten Anda untuk tujuan SEO.

Penting untuk diketahui bahwa situs lain untuk berbagai perusahaan juga dapat menyediakan tautan eksternal ke  situs web Anda  di konten mereka. Misalnya, jika Anda memposting halaman blog dengan konten yang berharga, bisnis lain mungkin menautkan ke halaman URL tersebut sebagai referensi untuk blog mereka. Ini disebut sebagai backlink.

Kedua gaya tautan ke situs Anda ini sangat penting, karena keduanya meningkatkan peringkat Anda di hasil mesin telusur.

Apa Manfaat Internal Link?

Tautan internal memungkinkan pembaca untuk tetap terlibat dengan situs web Anda lebih lama. Secara keseluruhan, mereka memberikan pengalaman pengguna yang positif. Ini dapat menginspirasi mereka untuk menjadi pelanggan atau pengikut.

Mereka meningkatkan keunggulan halaman Anda dan situs umum. Tautan internal sering digunakan sebagai ajakan untuk bertindak.

Misalnya, mereka mungkin meminta pembaca untuk membaca atau menemukan lebih banyak tentang suatu subjek dengan mengklik tautan internal.

Visibilitas dan peringkat situs web Anda di mesin pencari dapat ditingkatkan dengan memperkenalkan tautan internal. Teks jangkar — teks hyperlink — harus berupa kata kunci yang tepat dan deskriptif yang akan memungkinkan bot mesin pencari untuk “merangkak”, atau memahami, halaman Anda dengan lebih baik.

Tautan internal akan membantu bot menemukan halaman tambahan di situs Anda juga. Halaman yang mudah dinavigasi — untuk pengguna dan bot mesin pencari — akan diindeks dengan benar.

Ini menandakan bahwa halaman tersebut akan ditambahkan ke grup halaman web mesin pencari sehingga situs Anda dapat dilihat. 

Apa Manfaat Tautan Eksternal?

Kualitas dan jumlah tautan eksternal yang Anda gunakan penting. Menambahkan tautan situs web yang andal dan mencerahkan dengan kualitas tinggi ke halaman Anda akan membantu meningkatkan kredibilitas situs web Anda, sedangkan menambahkan tautan spam berkualitas rendah akan merusak situs web Anda.

Menautkan ke situs web luar tidak akan merusak peringkat halaman Anda selama konten relevan yang Anda tautkan berasal dari situs resmi.

Tautan eksternal lebih bermanfaat jika berhubungan dengan halaman populer dan sesuai yang berperingkat baik dan mirip dengan niche di halaman web Anda.

Tautan eksternal yang bermanfaat juga akan membantu meningkatkan keunggulan situs web Anda dengan menyediakan referensi bagi pembaca.

Saat Anda menautkan ke situs lain, situs itu akan tahu bahwa Anda menautkannya. Kemudian, mereka mungkin membalas budi dengan menautkan ke situs Anda di konten mereka.

Tautan eksternal adalah cara yang fantastis untuk menjangkau, membuat kontak di ceruk yang Anda minati, dan mendapatkan nama dan artikel Anda di luar sana.

Jenis tautan eksternal ini adalah sumber lalu lintas gratis yang sangat baik untuk bisnis Anda dan merupakan elemen penting dari algoritme mesin telusur Google.

* * * * *

Backlink NoFollow dan DoFollow

Ungkapan tautan no-follow berarti hanya itu, sementara itu membawa lalu lintas rujukan ke halaman web Anda, itu membawa sedikit atau tidak ada nilai untuk mesin pencari.

Teknik rutin ini digunakan untuk situs otoritas tinggi yang biasanya memiliki banyak tautan eksternal di situsnya. Namun, jangan gunakan tautan nofollow untuk tautan internal.

Sedangkan, tautan do-follow mengarahkan mesin pencari untuk mengikuti tautan dan situs terkait, menciptakan "Link Juice".

Link Juice adalah frasa yang merujuk pada otoritas yang dimiliki halaman berdasarkan jumlah tautan yang mengarah ke sana, baik tautan eksternal maupun tautan internal. 

* * * * *

Mengelola dan Mengoptimalkan Link Anda

Google Search Console memiliki laporan tautan untuk tautan eksternal dan tautan internal. Anda dapat melihat halaman teratas yang tertaut ke situs web Anda.

Laporan tautan internal menampilkan jumlah total tautan yang ada di setiap halaman dalam situs web Anda. 

* * * * *

Manajemen Tautan untuk Meningkatkan SEO Anda

Ada banyak elemen yang perlu dievaluasi ketika mesin pencari seperti Google memiliki kendali dalam memilih faktor peringkat.

Tautan internal dan eksternal adalah bagian penting dari strategi SEO yang kuat dan membantu memperkuat otoritas peringkat SEO.

* * * * *

Kesimpulan

Mungkin perlu waktu untuk memahami teknik pengoptimalan pembuatan tautan, tetapi upaya itu akan sepadan. Anda akan meningkatkan lalu lintas ke situs Anda dan meningkatkan peringkat situs web Anda di halaman hasil mesin pencari.

Jadi itulah sedikit pemahaman tentang Pentingnya Internal Link dan External Link dalam SEO, semoga bisa bermanfaat bagi kalian, semoga beruntung dan Salam!

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.