ikuti Young di Google News

Contoh Search Engine Marketing - Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan

SEO, SEM, dan PPC. Istilah-istilah ini telah digunakan secara bergantian untuk waktu yang lama. Tapi apakah mereka benar-benar sama?
Contoh Search Engine Marketing - Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan

Hello World! Ini Adalah Kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang Search Engine Marketing. Artikel ini bertujuan untuk memperjelas definisi masing-masing disiplin ilmu dan memberi Anda pemahaman yang lebih jelas tentang fitur, perbedaan, pro, dan kontra. Oke langsung saja

SEO, SEM, dan PPC. Istilah-istilah ini telah digunakan secara bergantian untuk waktu yang lama. Tapi apakah mereka benar-benar sama?

* * * * *

Apa itu SEO dan SEM, dan Apa Sebenarnya PPC itu?

  • SEO atau Search Engine Optimization adalah proses mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat yang menonjol pada hasil pencarian organik.

  • SEM atau Search Engine Marketing adalah bagian dari periklanan digital, yang terkait dengan penargetan situs web untuk mendapatkan peringkat di halaman hasil mesin pencari berbayar.

  • PPC atau Pay Per Click mengacu pada model pembelian di mana pengiklan membayar biaya untuk setiap klik yang diterima iklan mereka.

Berdasarkan definisi di atas, SEO dan SEM keduanya ada dalam istilah umum “Search Marketing”. Dan sementara PPC adalah model pembelian yang umum dan tidak akurat digunakan secara bergantian dengan SEM, tidak salah untuk mengatakan bahwa SEM dan PPC hidup berdampingan dalam subset yang sama dari Periklanan Digital – Periklanan Pencarian .

Perhatikan bahwa ada subset lain dari Periklanan Digital yang meliputi: 
  • Display Advertising
  • Social Media Advertising
  • Programmatic Real Time Bidding
  • Mobile Advertising
* * * * *

Perbedaan Utama Antara SEO dan SEM

Perbedaan utama antara SEO dan SEM adalah bahwa SEO adalah metode peringkat situs web pada hasil pencarian organik sedangkan SEM didasarkan pada model bayar per klik untuk menampilkan iklan teks di atas hasil pencarian organik.

Untuk mengilustrasikan hal ini dengan lebih baik, mari kita mengenakan topi Eksekutif Pemasaran dari pemasok makanan organik B2B.

Klien Anda mencari produk seperti milik Anda di Google dan mereka mengetikkan istilah pencarian seperti “Organic Food”.

Contoh Model pembelian Pay Per Click di saluran pencarian, pencarian organik dan hasil pencarian berbayar

Agar terlihat dan berpotensi mendapatkan klien pada saat yang genting ini, situs web Anda perlu diberi peringkat tinggi pada hasil pencarian berbayar, hasil pencarian organik, atau dalam skenario kasus terbaik, KEDUANYA.

Untuk menentukan peringkat pada hasil pencarian berbayar, Anda mengatur iklan dan kata kunci target di Google AdWords. Dalam sehari, situs web perusahaan Anda berada di peringkat 4 teratas Google setiap kali klien potensial mencari kata kunci target Anda, misalnya “pemasok makanan organik”.

Namun, Anda harus membayar biaya kepada Google AdWords setiap kali pengguna mengklik iklan Anda. Itu karena Google AdWords menagih pengiklan berdasarkan model bayar per klik atau PPC.

Setelah mengevaluasi biaya vs hasil, Anda menyadari bahwa Anda mungkin tidak dapat mempertahankan anggaran untuk jangka panjang karena semakin banyak pesaing menawar dan bersaing untuk kata kunci target yang sama.

Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam strategi SEO untuk menentukan peringkat situs web Anda pada hasil pencarian organik, di mana klik tidak dikenakan biaya apa pun.

* * * * *

Perbedaan Antara SEO dan SEM dalam Persamaan

Kita tahu bahwa SEO dan SEM adalah bagian dari pemasaran pencarian yang hidup berdampingan di saluran pencarian yang sama. Kami juga tahu bahwa kami harus membayar biaya untuk setiap klik untuk lalu lintas SEM sementara kami tidak membayar apa pun untuk klik dari upaya SEO.

Dengan itu, inilah daftar persamaan dan perbedaan antara SEO dan SEM.

Kesamaan SEO dan SEM

  • SEO dan SEM keduanya hidup berdampingan di saluran yang sama – Saluran pencarian
  • Baik SEO dan SEM adalah pemasaran berbasis niat
  • Terlihat di hasil pencarian SEM atau SEO meningkatkan kesadaran merek terlepas dari apakah Anda mendapatkan klik atau tidak

Perbedaan SEO dan SEM

  • Hasil pencarian SEM (hingga 4 hasil pencarian berbayar) muncul di atas hasil pencarian SEO (hingga 10 hasil pencarian organik)
  • Hasil pencarian SEM dibatasi dengan simbol Iklan sedangkan hasil pencarian SEO tidak
  • Hasil pencarian SEO memiliki fitur yang berbeda dari hasil pencarian SEM seperti cuplikan unggulan sedangkan hasil SEM memiliki fitur ekstensi iklan
  • SEM mendorong lalu lintas berbayar sementara SEO mendorong lalu lintas organik (tidak berbayar)
  • Upaya SEO membutuhkan waktu lebih lama untuk menunjukkan hasil daripada upaya SEM
* * * * *

Haruskah Anda Melakukan SEO atau SEM?

Tergantung. Tanyakan kepada pakar pemasaran digital mana pun, dan dia akan menyarankan Anda untuk menjalankan kampanye SEO dan SEM jika Anda memiliki anggaran pemasaran yang cukup. Namun, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi keputusan Anda apakah hanya melakukan SEO, SEM, atau keduanya. Contohnya:

  • Siklus hidup pelanggan yang singkat: Jika Anda meluncurkan kampanye pemasaran produk promosi dengan siklus pembelian singkat yaitu 1 bulan, Anda tidak akan punya waktu untuk menunggu upaya SEO Anda untuk meningkatkan situs web Anda ke halaman 1. Anda perlu menjalankan SEM kampanye dan dapatkan di atas halaman hasil pencarian secepatnya.
  • Anda ingin memaksimalkan lalu lintas dari saluran pencarian : Studi telah menunjukkan bahwa peringkat pada halaman hasil pencarian berbayar dan organik menghasilkan klik tambahan secara keseluruhan. Dalam hal ini, Anda ingin menjalankan kampanye SEO dan SEM secara bersamaan.
  • Persaingan dalam pencarian berbayar tidak ada habisnya: Jika sebuah klik dikenakan biaya $58,64 dan margin keuntungan Anda negatif, Anda tidak boleh melakukan SEM kecuali jika Anda setuju untuk menyumbang ke Google.
  • Anda ingin menguji pasar: Karena SEM dapat memberi Anda visibilitas dengan sangat cepat, Anda dapat menguji kata kunci mana yang berkonversi lebih baik. Setelah menganalisis kinerja Anda, Anda kemudian dapat mengarahkan fokus Anda ke kata kunci yang berkonversi lebih baik dalam kampanye SEO Anda.

* * * * *

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi keputusan Anda untuk menjalankan SEM, SEO, atau keduanya. Luangkan waktu untuk menganalisis industri Anda dan buat keputusan berdasarkan data, bukan tebakan, lakukan dengan matang agar hasil maksimal pikirkan juga bagian bisnis mana yang perlu dan tidak untuk di promosikan.

Jadi itulah sedikit Contoh Search Engine Marketing, saya akan lanjutkan di arkitel berikutnya. Semoga beruntung dan Salam!

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.