ikuti Young di Google News

12 Tips Ampuh Meningkatkan Traffic Blog Kamu!

Tingkatkan pengunjung atau traffic blog dengan tips SEO, konten menarik, & media sosial. Raih traffic yang stabil & optimalkan blog kamu!
12 Tips Ampuh Meningkatkan Traffic Blog

Tips Ampuh Meningkatkan Traffic Blog - Setiap blogger ingin menjadi pilar industri, namun sulit untuk menonjol di tengah kebisingan online. Ada satu juta satu penulis di luar sana, dan kamu hanyalah satu orang. Merasa terintimidasi adalah hal yang wajar.

Meskipun mencoba meningkatkan lalu lintas blog kamu mungkin terasa seperti mencoba menarik kelinci dari topi, ini sebenarnya merupakan suatu ilmu. Saya telah menghabiskan waktu mempelajari strategi untuk meningkatkan jumlah pembaca blog, dan saya dengan senang hati membagikan rahasia kesuksesan.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara meningkatkan traffic blog. Kiat-kiat ini bagus untuk pemula tetapi juga cocok untuk blogger profesional yang ingin meningkatkan penayangan bulanan mereka.

Tips Ampuh Meningkatkan Traffic Blog

Fokus Pada Niche Blog

Strategi kunci pertama tentang cara meningkatkan traffic blog adalah dengan fokus pada niche blog kamu. Kamu tentu bisa menulis tentang tren teknologi dan resep kue nenek kamu, hanya saja tidak di blog yang sama.

Alasan mendasar untuk berfokus pada niche kamu terletak pada audiens kamu. Pengunjung ingin tahu apa yang dapat mereka harapkan ketika mengunjungi blog kamu, dan jika kamu tidak memenuhi harapan tersebut, mereka akan terpental—secara harfiah. 

Bounce Rate situs web kamu adalah persentase orang yang mengunjungi situs web kamu, melihat satu halaman, dan keluar. Google melacak ini dan melacak berapa lama seseorang bertahan di situs kamu (durasi kunjungan rata-rata). Metrik ini memberi tahu Google kapan postingan blog kamu sesuai atau tidak sesuai dengan penelusuran pengunjung. 

Dengan berfokus pada niche kamu, kamu dapat membuat konten pilihan yang ingin dilihat audiens kamu, menurunkan bounce rate, dan meningkatkan durasi sesi rata-rata.

Diamond Lee, seorang pembuat konten digital, merekomendasikan untuk memiliki pola pikir yang berorientasi pada solusi. “Jika kamu berfokus untuk menemukan satu hal dalam Niche menguntungkan yang orang-orang coba temukan solusinya, kamu tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan penjualan dalam bisnis kamu—kamujuga tidak perlu meyakinkan orang bahwa mereka membutuhkan produk kamu. , ”dia menjelaskan. “Kemudian, saat kamu menyusun pesan, kamu akan merasa seperti telah membaca pikiran target pelanggan kamu.”

Tulis Lebih Banyak Postingan Blog Berdurasi Panjang

Menambahkan sedikit panjang ekstra pada konten blog kamu dapat meningkatkan lalu lintas blog secara signifikan. Setelah kamu mengetahui apa yang kamu tulis, lakukan pencarian cepat pada judul kamu, dan bacalah dua atau tiga artikel pertama yang muncul.

Salin dan tempel teks dari setiap artikel ke WordCounter, lalu targetkan untuk menulis 15-20% lebih banyak dari artikel tersebut. Artikel yang panjang lebih mungkin untuk dibagikan, mendapatkan tautan balik (akan dibahas lebih lanjut nanti), dan akibatnya mendapat peringkat lebih tinggi di Google. 

Namun, tulislah dengan hati-hati. Banyak penulis mendengar “tulis postingan yang lebih panjang” dan menemukan cara untuk memperluas konten mereka lebih jauh. Jika kamu memperpanjang postingan dengan menambahkan konten yang tidak jelas atau berulang, pembaca akan melihat artikel kamu kurang berharga secara keseluruhan. 

Jadi, carilah subtopik baru untuk disertakan dalam postingan kamu, tambahkan contoh yang relevan, atau bahkan sertakan bagan dan tabel yang bermanfaat. Tujuannya bukan hanya untuk menambah jumlah kata kamu, tetapi untuk menambah nilai lebih pada artikel kamu. Nilailah yang menarik dan membuat pembaca tetap tertarik.

Gunakan Bahasa Yang Mudah Dimengerti dan Sederhana

Ada banyak sekali alat dan trik yang dapat membantu kamu mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs kamu. Berikut cara meningkatkan traffic blog secara gratis.

Ingat bounce rate dan durasi sesi? Bahasa kamu juga dapat memengaruhi hal ini. Jika pembaca mengunjungi situs kamu hanya untuk bertemu dengan bahasa yang sangat mewah atau teknis, mereka akan keluar untuk mencari sesuatu yang lebih mudah dipahami.

Kecuali kamu menjalankan blog dengan topik yang sangat terspesialisasi dan berketerampilan tinggi, kamu jarang perlu menggunakan kata-kata yang mewah atau teknis. Banyak penulis yang terjebak dalam perangkap ini karena mereka percaya bahwa menggunakan bahasa yang mewah dan teknis akan membuat mereka tampak lebih kredibel—waspada spoiler, namun sebenarnya tidak.

Gunakan Gambar dan Video

Masih bertanya-tanya bagaimana kamu dapat meningkatkan traffic blog kamu tanpa mengeluarkan banyak uang? Coba tambahkan gambar stok gratis ke postingan kamu. Gambar dapat membantu menambah daya tarik visual pada dinding teks hitam putih. 

Pexels adalah perpustakaan gratis yang berisi lebih dari 3 juta foto dan video. Dan jika kamu membuat konten video, pertimbangkan untuk menggunakan Coverr atau Pixabay untuk stok rekaman gratis. Meskipun menambahkan video ke postingan blog kamu juga dapat menambah daya tarik visual, video tersebut juga bagus dalam meningkatkan durasi sesi rata-rata kamu.

Jika pengunjung melihat video di situs web kamu tanpa meninggalkan halaman, seluruh waktu menonton mereka dihitung sebagai waktu di halaman. Itu berita bagus untuk durasi sesi kamu!

Tapi sekali lagi, tujuannya adalah untuk menambah nilai. Menambahkan foto dan video bukanlah “peretasan” jika tidak memberikan nilai tambah. Tujuannya adalah untuk mendukung pengunjung kamu dengan lebih baik, sehingga mereka ingin bertahan lebih lama dan mengunjungi halaman lain di situs kamu. 

Pilih Judul Yang Lebih Baik

Judul artikel kamu adalah hal pertama yang dilihat orang tentang artikel kamu. Kesan tersebut penting dan dapat membuat perbedaan nyata pada apakah orang membuka blog kamu atau hanya melihatnya sekilas di Google.

Idealnya, judul artikel kamu harus pendek dan menarik—kebalikan dari judul PubMed. Ini harus memiliki beberapa intrik dan mengandung kata kunci utama kamu di awal. 

Namun, lakukan terlalu banyak SEO dan kamu akan terlihat seperti menulis untuk robot, tetapi mengabaikan kata kunci, dan robot Google mungkin tidak menemukan dan memberi peringkat pada artikel kamu. Triknya adalah dengan mencapai keseimbangan yang tepat antara menarik pembaca manusia sambil mengikuti praktik terbaik SEO. 

Ingin alat gratis lainnya untuk membantu kamu membuat judul? Lihat alat penganalisis judul gratis OptinMonster. Alat ini akan memberi kamu perincian dan penilaian judul yang mudah dibaca, memberikan persentase kode warna untuk hal-hal seperti pilihan kata dan panjangnya.

Gabungkan Kata Kunci

Kata kunci adalah kata dan frasa yang diketik orang di Google saat mencari informasi tentang topik tertentu. Untuk meningkatkan traffic blog, sertakan kata kunci ini dalam judul artikel kamu, paragraf pembuka, subjudul H2 dan H3, dan di seluruh konten kamu.

Mesin pencari kemudian akan mulai menampilkan postingan kamu di hasil pencarian mereka. Saat orang mengeklik artikel, memantul, mengeklik, dan banyak lagi, mesin pencari akan menaikkan atau menurunkan peringkat artikel kamu. 

Sekali lagi, bagian tersulit tentang SEO adalah menulis untuk komputer dan manusia secara bersamaan. Kata kunci seperti “merek makanan anjing hipoalergenik organik terbaik AS” akan sulit untuk ditulis ke dalam postingan blog secara alami. Umumnya, kamu juga memiliki kata kunci sekunder dan tersier untuk ditargetkan. Misalnya, “makanan anjing hipoalergenik terbaik” atau “merek makanan anjing organik”.

Tingkat Keterbacaan Tinggi

Memformat seluruh artikel kamu sebagai blok teks yang besar membuatnya menakutkan bagi pembaca—dan itu sebenarnya dapat merusak peringkat pencarian dan lalu lintas kamu. Sebaliknya, pisahkan artikel kamu dengan subjudul, daftar, dan poin-poin sehingga artikel kamu mudah dibaca.

Ini bekerja pada dua tingkat. Pertama, memudahkan pemirsa untuk melompat ke bagian yang penting bagi mereka. Mereka akan bertahan lebih lama di halaman, sehingga menurunkan Bounce Rate kamu dan meningkatkan peluang kamu untuk mendapat peringkat tinggi.

Google juga menggunakan header bagian dan judul untuk memindai kata kunci. Menambahkan lebih banyak struktur pada artikel kamu dapat membantu kamu menempatkan kata kunci di tempat di mana kata kunci tersebut akan memberikan kontribusi SEO terbesar.

Menambahkan Internal Link

Tautan internal adalah tautan ke artikel blog lain yang kamu publikasikan di situs web kamu.

Menambahkan tautan internal ke postingan blog kamu memiliki tiga manfaat utama:

Tautan internal membantu mesin pencari menemukan konten Kamu lebih cepat. Google terus-menerus membaca ulang artikel peringkatnya untuk mengetahui adanya perubahan. Jika kamu menautkan ke artikel baru di artikel yang sudah diterbitkan dan diberi peringkat, Google akan menemukannya lebih cepat, yang juga membantu kamu mendapatkan peringkat lebih cepat. 

Tautan internal meningkatkan peringkat posting blog. Visualisasikan ini: setiap tautan internal mewakili rangkaian pesan dari satu postingan blog ke postingan blog lainnya. Saat kamu menambahkan lebih banyak tautan, ada lebih banyak utas, menciptakan struktur seperti web. Sekarang, ketika satu artikel mendapat peringkat tinggi di Google, artikel yang ditautkannya juga menerima peningkatan SEO berdasarkan asosiasi. Hal ini dapat berarti peningkatan kinerja untuk setiap artikel yang terhubung.

Tautan internal meningkatkan keterlibatan. Pembaca kamu yang paling terlibat dan setia tentu saja akan tertarik dengan apa lagi yang kamu katakan, apakah itu tentang topik yang sedang dibahas atau topik serupa. Tautan internal memberi sinyal kepada pembaca bahwa kamu telah menemukan atau menyusun konten tambahan yang terkait dengan apa yang kamu bicarakan. 

Bangun Backlink Berkualitas

Backlink adalah kebalikan dari tautan internal. Backlink mengacu pada tautan ke situs web kamu dari situs web lain. Semakin banyak backlink yang dimiliki blog kamu, semakin terlihat kredibel di mata Google, dan semakin tinggi peringkat kamu dalam hasil pencarian. (Itu berarti lebih banyak lalu lintas!)

Sekarang, kamu dapat menghabiskan beberapa jam setiap hari atau hanya beberapa menit untuk fokus pada strategi backlink kamu. Menetapkan tujuan, mengembangkan strategi, dan menaatinya dapat membantu kamu mengatur waktu dengan bijak. 

Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan lebih banyak backlink:

  • Postingan Tamu – Tulis postingan berkualitas tinggi dengan tautan ke situs web kamu untuk situs web lain di niche kamu atau di niche yang relevan.  
  • Buat halaman sumber daya – Ini adalah halaman bernilai tinggi yang secara alami akan ditautkan oleh orang lain. Ini termasuk postingan seperti postingan statistik, panduan cara kerja, dan sumber daya lainnya. 
  • Identifikasi tautan rusak – Identifikasi tautan rusak di situs lain yang dapat digantikan oleh situs kamu. Hubungi pemilik situs dan sarankan pembaruan. Ini akan membantu situs mereka dan situs kamu.
  • Terdaftar di direktori – Jangkau situs yang menyusun daftar dan direktori bisnis dan sumber daya khusus niche.

Buat Artikel Pilar

Artikel pilar adalah artikel panjang dan komprehensif yang membahas topik utama secara mendalam. Artikel ini berfungsi sebagai landasan utama untuk konten lainnya di website kamu, dan membantu pengunjung memahami topik tersebut secara menyeluruh.

Berikut beberapa ciri-ciri artikel pilar:

  • Panjang: Artikel pilar biasanya terdiri dari 1.000 kata atau lebih.
  • Komprehensif: Artikel ini membahas semua aspek topik utama secara menyeluruh.
  • Terstruktur: Artikel ini diorganisir dengan baik, dengan judul, subjudul, dan poin-poin penting.
  • Informatif: Artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat dan akurat kepada pembaca.
  • SEO-friendly: Artikel ini dioptimalkan untuk search engine, sehingga mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi tentang topik tersebut.

Manfaatkan Media Sosial

Tentu, kamu dapat menekan “Publikasikan” pada postingan blog tersebut dan keluar dari browser. Google akan melakukan keajaibannya dengan atau tanpa masukan lebih lanjut dari kamu. Namun mengapa tidak melakukan apa yang kamu bisa untuk membantu kerja keras kamu menjadi lebih baik?  

Sebagai taktik cara meningkatkan traffic blog untuk setiap artikel, tempelkan postingan kamu di seluruh akun media sosial kamu. Bagikan, promosikan, dan pastikan kamu mendapatkan semua manfaatnya sebelum melanjutkan.

Dua tempat paling efektif untuk cara meningkatkan traffic blog secara gratis adalah berbagi artikel blog di Instagram Stories dan X. Untuk X, kamu dapat menyertakan keterangan singkat, tag untuk siapa pun yang ditampilkan dalam artikel kamu, dan tautan ke artikel. Di Instagram Stories, kamu dapat menyertakan tangkapan layar artikel kamu, tautan geser ke atas, dan sedikit keterangan, yang menambahkan konteks untuk pengikut kamu.

Optimalkan Kecepatan Muat Blog

Selain pembuatan konten dan promosi, ada perubahan teknis yang dapat kamu lakukan yang akan membantu meningkatkan lalu lintas blog kamu. Yang pertama dan terpenting adalah mengoptimalkan kecepatan pemuatan website kamu sehingga pemirsa dapat langsung membaca.

Jika laman kamu memerlukan waktu lima detik untuk dimuat, kemungkinan pengunjung terpental meningkat sebesar 90% , dan ini tidak baik. Seperti disebutkan sebelumnya, Google melacak kecepatan pemuatan halaman dan bounce rate. Jadi, situs web yang lambat akan menurunkan peringkat pencarian kamu.

Coba ukur kecepatan halaman kamu dengan alat gratis Google PageSpeed ​​Insights. Pertimbangkan untuk mengupgrade hosting domain atau platform blog kamu jika kamu melihat kelambatan yang serius.

Akhir Kata

Dengan menerapkan 12 Tips Ampuh Meningkatkan Traffic Blog di atas, kamu  telah membuka pintu menuju kesuksesan blog kamu. Ingatlah bahwa membangun traffic blog membutuhkan waktu dan dedikasi. Konsistenlah dalam upaya kamu, teruslah belajar dan bereksperimen, dan jangan ragu untuk beradaptasi dengan tren dan algoritma terbaru.

Teruslah berkarya dan ciptakan konten yang luar biasa, karena itulah yang akan menarik dan mempertahankan pengunjung setia blog kamu. Bangun komunitas yang aktif dan responsif, dan manfaatkan media sosial untuk mempromosikan blog kamu. Dengan kegigihan dan strategi yang tepat, blog kamu akan berkembang pesat dan mencapai target traffic yang kamu inginkan.

Jangan lupa untuk selalu memantau performa blog kamu. Gunakan alat analisis web untuk melacak traffic, bounce rate, dan sumber pengunjung. Gunakan data ini untuk mengidentifikasi strategi yang efektif dan area yang perlu ditingkatkan.

Perjalanan membangun blog yang sukses memang penuh tantangan, tetapi dengan tekad dan panduan yang tepat, kamu pasti mampu mencapai tujuan kamu.

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.