ikuti Young di Google News

10 Penyebab Artikel Susah Terindex Google

Dengan membaca artikel ini, Anda akan mendapatkan wawasan mendalam yang memungkinkan Anda mengoptimalkan setiap aspek dari artikel blog Anda.
Penyebab Artikel Susah Terindex Google
Penyebab Artikel Susah Terindex Google

Penyebab Artikel Sulit Terindex oleh Google. Mengoptimalkan indeksasi artikel oleh Google membutuhkan pemahaman yang mendalam terhadap berbagai faktor yang mempengaruhinya. Dalam eksplorasi ini, kita akan merinci setiap penyebab artikel sulit terindex dengan tingkat detail yang lebih lanjut, serta mengeksplorasi solusi yang lebih spesifik untuk mengatasi tantangan ini.

Ini bisa dibilang sangat merugikan karena Anda akan kehilangan lalu lintas yang ada ke artikel itu atau Anda hanya membuang-buang waktu membuat artikel yang tidak terindeks di Google.

Perhatikan bahwa mesin pencari paling populer di dunia saat ini adalah Google sebesar 98% dan mesin pencari lainnya seperti Bing sebesar 2%. Jadi, jika Anda membuat artikel yang tidak muncul di SERP Google, Anda akan kehilangan banyak lalu lintas.

Untuk memeriksa apakah artikel Anda muncul di hasil pencarian Google, Anda dapat menambahkan site: sebelum URL artikel Anda. Misalnya situs: URL blog Anda.

Penyebab Artikel Susah Terindex Google

Nah untuk mengetahui kenapa artikel tidak muncul di Google, kamu bisa simak pembahasannya di bawah ini. Kami akan membahas beberapa alasan mengapa artikel tidak muncul di hasil pencarian Google atau deindex Google dan cara memperbaikinya.

Deindex Google adalah saat Anda membuat artikel atau halaman yang tidak diindeks oleh Google dan mengakibatkan artikel tersebut tidak muncul di SERP Google. Juga, jika sebuah artikel muncul di SERP tetapi kemudian tiba-tiba menghilang, itu juga bisa disebut Google Deindex.

Jika Anda terus melakukan ini tanpa mengetahui sumber masalahnya, situs web Anda perlahan akan kehilangan banyak lalu lintas dan berpotensi merugikan bisnis Anda.

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa artikel tidak muncul di hasil pencarian Google. Tentu saja, alasan utamanya bisa jadi karena situs atau artikel Anda melanggar aturan Google, seperti menyalin dan menempelkan konten dari situs lain. Jadi, lihat di bawah mengapa artikel tidak muncul di Google secara keseluruhan.

Simak beberapa poin penyebab artikel tidak muncul di hasil pencarian Google yang perlu Anda waspadai dan hindari. Kami juga akan menjelaskan langkah-langkah cara mengatasi masalah ini dan cara pencegahannya.


Konten Duplikat: Tipe Konten yang Merugikan

Konten duplikat tidak hanya mencakup salinan langsung tetapi juga varian yang mirip secara substansial. Google menggunakan algoritma untuk mendeteksi tingkat keunikan konten, dan memahami jenis duplikasi (canonical, near-duplicate, cross-domain) dapat membantu dalam mengatasi masalah ini secara efektif.

Solusi: Gunakan alat deteksi konten duplikat seperti Siteliner atau Copyscape, dan terapkan tag canonical dengan bijak. Anda bisa membaca arrikel ini untuk info lebih lengkapnya,di artikel ini saya telah membahasnya Cara Membuat Konten Yang Menarik.


Kata Kunci yang Tidak Relevan: Riset yang Tidak Terhenti

Pemilihan kata kunci yang tepat memerlukan lebih dari sekadar pencarian populer. Melibatkan riset yang mendalam tentang niat pencarian, sinonim, dan tren kata kunci akan memastikan artikel Anda sesuai dengan harapan pengguna.

Solusi: Gunakan alat riset kata kunci seperti SEMrush atau Ahrefs, dan terapkan strategi konten yang mencerminkan niat pencarian.


Kualitas Konten Rendah: Membangun Konten yang Memukau

Kualitas konten mencakup lebih dari hanya penggunaan kata-kata. Konten yang memberikan nilai tambah, merespons pertanyaan pengguna, dan memanfaatkan multimedia akan lebih dihargai oleh mesin pencari.

Solusi: Lakukan riset kompetitif, tambahkan elemen visual, dan berfokus pada memberikan informasi mendalam.


Struktur Situs yang Buruk: Navigasi Menuju Kesuksesan

Struktur situs yang buruk tidak hanya merujuk pada tata letak halaman, tetapi juga pada pengaturan kategori dan tautan navigasi internal. Membuat struktur yang logis membantu bot mesin pencari memahami hierarki konten Anda.

Solusi: Gunakan sitemap, perbarui struktur URL untuk mencerminkan hierarki topik, dan pastikan tautan navigasi internal terhubung secara baik.


Pengaturan Robot.txt yang Tidak Tepat: Batasan yang Terkendali

File robot.txt adalah alat penting dalam mengontrol bagaimana mesin pencari mengindeks situs Anda. Pengaturan yang tidak tepat dapat dengan mudah mencegah Googlebot dari mengakses halaman-halaman kunci.

Solusi: Periksa dan validasi file robot.txt secara berkala, pastikan tidak ada pembatasan yang tidak perlu, dan sesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan situs. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa baca disini Cara Cepat Approve Adsense


Kesalahan Teknis: Menguji dan Merespon Perubahan

Dalam dunia teknis, kesalahan adalah hal yang umum. Memahami kesalahan teknis seperti URL duplikat, pengalihan yang tidak benar, atau kode HTML yang buruk memerlukan pemeriksaan konstan.

Solusi: Lakukan audit teknis secara berkala, gunakan alat analisis situs, dan perbaiki kesalahan segera setelah terdeteksi.


Kecepatan Halaman yang Lambat: Kinerja yang Ditingkatkan

Kecepatan memuat halaman adalah pertimbangan utama dalam indeksasi dan pengalaman pengguna. Faktor-faktor seperti ukuran gambar, pemrosesan JavaScript, dan caching memainkan peran penting.

Solusi: Perbarui hosting, kompres gambar, gunakan metode pengiriman konten yang efisien, dan manfaatkan teknik caching


Kekurangan Backlink Berkualitas: Strategi Pemberian Tautan yang Matang

Mendapatkan backlink berkualitas bukan hanya tentang kuantitas. Strategi pemberian tautan yang matang dan relevan dengan topik artikel Anda akan meningkatkan otoritas halaman.

Solusi: Bangun hubungan dengan penerbit industri, Media, terlibat dalam komunitas online, dan gunakan teknik pemberian tautan yang etis. Untuk backlink, Anda bisa baca selengkapnya di artikel ini Bagaimana Backlink Meningkatkan SEO

Penggunaan JavaScript Berlebihan: Merinci Penggunaan Teknologi

JavaScript memang memberikan pengalaman pengguna yang kaya, tetapi terlalu banyak ketergantungan padanya dapat membuat Google kesulitan mengindeks konten Anda.

Solusi: Pastikan konten utama dapat diakses tanpa JavaScript, pertimbangkan penggunaan teknik server-side rendering (SSR), dan pantau pengaruhnya terhadap indeksasi.


Metadata yang Tidak Optimal: Penyesuaian yang Mendalam

Metadata adalah perwakilan singkat dari konten halaman Anda. Memastikan deskripsi meta dan tag judul mencerminkan inti artikel dan menarik perhatian pengguna adalah langkah krusial.

Solusi: Optimalisasi deskripsi meta dan tag judul secara spesifik untuk setiap halaman, gunakan bahasa yang menarik, dan perbarui secara teratur sesuai dengan perubahan konten.


Dengan mengeksplorasi setiap penyebab secara mendalam dan meresponsnya dengan solusi yang spesifik, Anda dapat meningkatkan peluang indeksasi artikel blog Anda oleh Google. Proses ini bukan hanya sekadar taktik SEO, melainkan investasi dalam membangun otoritas dan kehadiran online yang berkelanjutan. Semoga beruntung dan Salam!

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.