ikuti Young di Google News

13 Langkah Kecil Untuk Membuat Website Menjadi Besar

13 Langkah Kecil Untuk Membuat Website Menjadi Besar paling dasar dan umum yang digunakan para pakar blog atau website untuk menarik visitor kembali.
13 Langkah Kecil Untuk Membuat Website Menjadi Besar

Hello World! - Saya telah menyusun daftar 13 Langkah Kecil Untuk Membuat Website Menjadi Besar paling dasar dan umum yang digunakan para pakar blog atau website untuk menarik visitor kembali ke web/blog kita, cara ini cukup terbukti dan salah satunya adalah saya sendiri.

Saya membangun blog Young.my.id ini sedemikian rupa agar para pengunjung menjadi betah, terutama bagi saya sendiri. Saya sendiri memilih tema beranda Clean Median-UI agar lebih readable dan enteng untuk multi tasking, pemilihan warna Thumbnail yang soft dan beberapa elemen lain yang saya tambahkan juga.

Simak baik-baik karena tips dasar ini saya yakin sangat berguna, terutama bagi kalian yang baru memulai menunlis blog atau sedang membangun sebuah website. Berikut adalah 13 langka yang harus kalian ketahui.

* * * * *

Pilihan Template Desain yang Buruk

Ingatlah bahwa aspek visual situs web Anda memainkan peran terbesar dalam kesan pertama pengunjung, yang sangat penting. Cobalah untuk menemukan template yang paling mewakili Anda dan bahkan mungkin mengisyaratkan konten situs web Anda.

Setelah Anda menambahkan teks, grafik, dll. ke situs web, Anda dapat dengan hati-hati mengubah, menambah, atau menghapus elemen desain individual. Namun, ketika Anda melakukan ini, Anda perlu memikirkan karakter visual dari template yang dipilih dan memodifikasinya sehingga warna, font, dan gaya masing-masing elemen sesuai dengan template yang dipilih dan dengan fokus situs web Anda. Ini masih menyisakan banyak kemungkinan bagi desainer yang lebih maju untuk mengekspresikan diri. Tujuannya adalah memungkinkan setiap orang memiliki situs web asli identik mereka sendiri.

* * * * *

Beranda Tidak Mengesankan

Misi beranda adalah untuk menarik secara visual dan meyakinkan pengunjung pada pandangan pertama bahwa mereka telah menemukan apa yang mereka cari. Kemudian pengunjung bahkan tidak perlu mencari pesaing Anda, mereka akan dengan senang hati kembali ke situs web Anda dan merekomendasikannya kepada orang lain.

Untuk mencapai ini, Anda harus membuat beranda Anda secara fungsional dan estetis “mengesankan.” Jika Anda telah memilih template desain yang tepat, sekarang Anda perlu:

  • Tambahkan gambar yang meningkatkan efek visual dari template dan memberikan identitas situs webnya sendiri. Untuk melakukan ini, Anda dapat mendesain dan membuat gambar header dan/atau logo perusahaan Anda sendiri.

  • Berikan pengunjung Anda jumlah informasi yang seimbang secara optimal di beranda. Terlalu banyak informasi dapat mengganggu, tetapi terlalu sedikit informasi dapat membuat canggung dan tidak menginspirasi kepercayaan diri. Untuk setiap elemen, evaluasi apakah masuk akal bagi pembaca.

Jika Anda menguasai keduanya, Anda akan berhasil memposisikan diri Anda dengan beranda yang berkualitas, dipikirkan dengan matang, dan fungsional.

* * * * *

Menu Terlalu Panjang

Tidak ada aturan universal tentang berapa banyak tautan yang harus dimiliki sebuah menu, tetapi dalam praktiknya, jika sebuah menu memiliki lebih dari 7 tautan, pengunjung Anda harus mencari lebih keras untuk menemukan apa yang mereka inginkan. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Pilih yang tepat berdasarkan situasi spesifik Anda.

Pertama, kurangi jumlah kategori. Lihatlah menu melalui mata pengunjung dan coba tentukan tautan mana yang biasanya mereka cari, dan di sisi lain, mana yang kurang diperlukan.

Jika Anda gagal "melangsingkan" menu Anda dengan cukup, Anda dapat membaginya menjadi dua. Anda kemudian dapat memiliki satu menu horizontal di header dan menu vertikal di salah satu kolom samping. Tetapi pisahkan menu dengan cara yang masuk akal, misalnya, informasi umum versus produk atau bagian untuk pelanggan versus satu untuk pemasok.

Pilihan lain adalah menggunakan menu yang dapat diperluas. Dengan gaya menu ini, hanya kategori tingkat pertama yang terlihat pada awalnya. Subkategori ditampilkan saat Anda mengarahkan kursor ke kategori induknya.

* * * * *

Label Konten Terlalu Panjang

Jika nama kategori, dokumen, dll. di situs web Anda terlalu panjang, mereka sering kali tidak sesuai dengan ruang yang disediakan (termasuk menu). Dalam kasus ini, label membungkus dan secara tidak teratur memanjat keluar dari batas yang tidak terlihat atau ditandai, membuat situs web terlihat sangat amatir.

Obat untuk ini cukup sederhana. Label multi-kata yang panjang harus diganti dengan varian yang lebih pendek dan lebih ringkas. Pada awalnya mungkin memusingkan untuk memilih alternatif yang tepat, tetapi hasil akhirnya akan sepadan dengan usaha.

* * * * *

Halamannya Terlalu Panjang

Apakah pembaca harus menggulir ke bawah sebentar sebelum sampai ke akhir halaman? Kemudian ada sesuatu yang salah. Sekali lagi, meskipun tidak ada aturan universal tentang berapa lama halaman seharusnya, informasi yang terletak lebih jauh di bawah halaman akan lebih sedikit dibaca, dan Anda bahkan dapat berasumsi bahwa sebagian besar pengunjung tidak akan pernah menggulir ke bawah sejauh itu.

Jika Anda melihat bahwa salah satu halaman Anda terlalu panjang, tidak ada alasan untuk menggantung kepala Anda. Tindakan pertama adalah mengurangi jumlah informasi. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan berikut - Apa yang sebenarnya ingin diketahui pengunjung dan apa yang benar-benar menarik minat mereka? Kemudian pilih konten Anda yang sesuai.

Jika Anda gagal mengurangi konten secara memadai, Anda dapat memisahkannya ke dalam beberapa kategori atau dokumen dengan judul ringkas yang akan memberikan gambaran umum dan urutan yang jelas.

Anda juga dapat membagi artikel, atau konten lainnya, menjadi beberapa halaman - penomoran halaman akan muncul di bawah konten. Dan inilah trik kecil lainnya. Jika Anda menempatkan semacam elemen yang berguna atau menarik di bawah konten atau bahkan mungkin langsung di footer, begitu pengunjung menyadarinya, mereka akan termotivasi untuk melihat ke seluruh halaman, hingga ke bawah.

* * * * *

Spanduk dan Logo = Beranda

Ini adalah aturan tidak tertulis di web bahwa spanduk, logo perusahaan, dan nama perusahaan Anda di header harus diklik ke beranda Anda. Ini adalah detail yang menghemat waktu pengunjung dan memudahkan orientasi situs web Anda.

Klik pada masing-masing elemen ini, buka tab Advanced, dan di mana tertulis Tautan, masukkan simbol /. Ini memastikan bahwa ketika pengunjung mengklik spanduk, logo, atau nama perusahaan Anda, mereka akan diarahkan ke beranda Anda.

* * * * *

Anda Telah Menggunakan Setiap Blok Statis

Di beberapa tema atau template biasanya ada empat blok statis yang tersedia - header, kolom kiri, kolom kanan, dan footer. Namun, dalam banyak kasus menggunakan semua blok statis ini sekaligus tidak diperlukan dan menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Untuk sebagian besar situs web, cukup hanya memiliki tajuk ditambah satu blok statis lainnya.

Blok statis mengambil ruang berharga dari blok konten Anda. Jika Anda menggunakan kolom kiri dan kanan secara bersamaan di situs web Anda, blok konten akan dikurangi seminimal mungkin. Saat Anda melihat situs web, gambar akan lebih kecil, judul mungkin terbungkus dengan cara yang tidak diinginkan, dan akan lebih sulit untuk membaca konten Anda.

* * * * *

Foto Berkualitas Rendah

Kualitas teknis foto Anda dapat memberikan tampilan profesional pada situs web Anda atau justru sebaliknya. Berikan perhatian pada dua fitur penting dari foto Anda - resolusi dan ukuran data.

Untuk galeri foto biasa (seperti album foto keluarga atau foto dari liburan terakhir Anda), Saya sarankan untuk memperkecil foto Anda sehingga sisi terpanjangnya adalah 1280 piksel.

Jika fotografi adalah produk Anda yang sebenarnya yang ingin Anda pamerkan, Saya merekomendasikan ukuran yang agak besar. Anda juga dapat mengunggah foto dalam ukuran aslinya sebagai elemen File atau menggunakan tab Unggah File.

Ini juga perlu untuk memperhitungkan ukuran data foto. Bahkan gambar latar belakang dengan resolusi 1920px x 1080px tidak boleh melebihi ukuran data 500kB. Memuat gambar seperti itu, atau bahkan sejumlah besar gambar yang lebih kecil, bisa memakan waktu terlalu lama, dan itu sering membuat pengunjung enggan.

* * * * *

Teks Terpusat

Diperlukan lebih banyak upaya untuk membaca teks yang dipusatkan karena setiap baris dimulai dengan posisi yang sedikit berbeda.

Memusatkan teks bisa bagus dalam situasi tertentu, seperti jika Anda membuat undangan untuk acara sosial penting, mendesain kartu nama, dll. Namun secara umum, tidak masuk akal untuk memusatkan teks Anda dan melakukannya akan mengurangi keterbacaan, mengorbankan kualitas situs web Anda.

Jika elemen teks sempit (seperti di kolom samping), sebaiknya rata kiri seperti yang terjadi secara otomatis.

Untuk elemen teks yang lebih luas, Anda dapat menggunakan rata kiri atau justifikasi. Dengan pembenaran, bagaimanapun, Anda harus melihat keluar untuk sungai. Jika Anda menemukan masalah ini, Anda mungkin dapat memperbaikinya menggunakan satu atau dua tanda hubung yang ditempatkan dengan baik untuk memecah beberapa kata yang lebih panjang.

* * * * *

Elemen yang Tidak Perlu Mengisi Ruang Kosong

Kesalahan umum lainnya adalah hanya mengisi situs web dengan apa pun yang cocok. Hal ini menyebabkan orang menambahkan elemen seperti kalender, widget eksternal untuk cuaca dan waktu, dll. Singkatnya, mereka menambahkan elemen yang tidak ada hubungannya dengan situs web dan tidak relevan dengan pengunjung mereka.

Satu item spesifik yang terkait dengan skenario ini adalah indikator lalu lintas situs web. Jika statistik menunjukkan bahwa Anda mendapatkan lima pengunjung sebulan, ini mungkin tidak akan mengesankan siapa pun. Bahkan, itu mungkin akan menakut-nakuti beberapa pengunjung yang Anda miliki. Lebih baik untuk mengawasi statistik Anda dalam administrasi, dan hanya mempublikasikannya jika itu adalah sesuatu yang layak untuk dibicarakan.

Tren saat ini dalam desain web condong ke arah pendekatan minimalis. Mengingat bahwa di zaman modern kita dibombardir oleh stimulan visual di setiap kesempatan, ini mungkin tidak akan berubah dalam waktu dekat.

Jika Anda masih berpikir situs web Anda dapat mengambil manfaat dari ruang negatif yang lebih sedikit, akan lebih baik bagi Anda untuk fokus menambahkan lebih banyak konten orisinal atau menyesuaikan tata letak daripada menyisipkan elemen dangkal yang merusak citra profesionalnya.

* * * * *

Aneka Sampah Lainnya

Perhatikan baik-baik situs web Anda. Apakah Anda melihat tempat yang mengatakan sesuatu seperti Kategori Baru, Dokumen Baru, atau Panel Baru? Anda mungkin lupa untuk mengubah nama atau menghapusnya, atau mungkin Anda membuatnya secara tidak sengaja tanpa menyadarinya.

Bagaimanapun, itu tidak terlihat bagus, dan itu berdampak buruk pada Anda. Jadi, jaga kebersihan situs web Anda.

* * * * *

Warna Menjijikkan

Saya telah memilih judul yang provokatif untuk bagian ini karena mungkin tidak akan membuat Anda suam-suam kuku. Hampir setiap orang memiliki pendapat tentang warna, tidak peduli seberapa berpengetahuan mereka atau tidak dalam bidang teori warna. Warna dapat mempengaruhi pikiran dan perasaan kita, mempermainkan suasana hati kita, mendorong penyembuhan, atau memberi kita energi - tentu saja sebagai akibat dari efek psikologis - karena warna dikaitkan dengan makna simbolis. Simbolisme ini mungkin berbeda dari satu budaya ke budaya lain, jadi efeknya pada kita murni subjektif.

Untuk situs web pribadi, Anda dapat memilih skema warna dengan lebih bebas, mengekspresikan preferensi Anda sendiri, tetapi untuk mempertahankan pengalaman estetika yang berkualitas, Anda perlu melakukannya dengan bijak, menggunakan kombinasi terbaik. 

Anda dapat menggunakan warna komplementer, warna komplementer yang dipadukan dengan satu atau dua warna kromatik cerah (hubungan split-complementary atau double-complementary), atau mencoba menggunakan berbagai corak atau tint dengan warna yang sama (hubungan monokromatik). Itu tergantung pada proporsi area berwarna. Anda dapat bermain aman dengan menggunakan warna netral untuk area proporsional terbesar, dan menyisakan warna yang kaya dan cerah untuk aksen. Ini berlaku untuk area dengan dan tanpa teks.

Jika Anda memiliki situs web perusahaan, lebih aman untuk mengikuti praktik yang sudah ada di bidang Anda. Sederhananya: situs web perencana pernikahan, perusahaan pemadam kebakaran, toko roti, dan klub berburu mungkin tidak akan mendapat manfaat dari bereksperimen dengan atau mengubah warna yang biasa digunakan di industri mereka. 

Untuk lebih spesifik: jika Anda seorang perencana pernikahan, warna Anda mungkin tidak boleh menjadi merah, hitam, dan putih dari perusahaan pemadam kebakaran, dan kita semua tahu bahwa kembang gula merah muda tidak akan menarik bagi banyak pemburu.

Tips : Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang efek warna, Anda dapat menemukan banyak informasi online. Cukup cari frasa kunci seperti: teori warna, interpretasi simbolis warna, psikologi warna, dll.

* * * * *

Kelebihan atau Kekurangan

Pada titik ini, kita kembali ke pertanyaan apakah ada kelebihan atau kekurangan informasi? Menentukan tingkat yang tepat membutuhkan pendekatan yang sensitif. Informasi yang terlalu sedikit memberikan kesan yang buruk, sementara kelebihan membuatnya sehingga tidak ada yang mau mengarungi semuanya. What is important is then somehow lost.

Oleh karena itu, gunakan judul yang menarik dan akurat, buat judul tersebut menonjol di halaman, dan pertimbangkan untuk menambahkan deskripsi singkat di bawahnya. Judul menarik perhatian pembaca dan deskripsi singkat lebih mungkin untuk dibaca.

* * * * *

Kesimpulann

Pikirkan tentang situs web Anda dan pertimbangkan, pertimbangkan, pertimbangkan. saya pikir Ini berlaku tidak hanya untuk beranda Anda, tetapi untuk visitor anda dan mungkin seluruh situs web.

Saya harap Anda menikmati tips Saya tentang 13 Langkah Kecil Untuk Membuat Website Menjadi Besar, bagaimana Anda dapat meningkatkan situs web Anda dan itu akan menginspirasi Anda untuk mencoba hal-hal baru. Salam!

Referensi :
www.young.my.id

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.