ikuti Young di Google News

Cara Menggunakan Hashtag Secara Efektif di Media Sosial

Optimalkan eksposur konten dengan cara menggunakan hashtag secara cerdas. Pelajari strategi efektif untuk meningkatkan visibilitas di media sosial.

Cara Menggunakan Hashtag Secara Efektif
Hastags

Cara Menggunakan Hashtag Secara Efektif di Media Sosial - Saat mempromosikan merek kamu di media sosial, tagar adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan dan mendorong kesadaran merek. Juga dikenal sebagai tanda pagar (#), hashtag sangat efektif dalam membuat konten kamu dapat ditemukan oleh audiens yang tertawan.

Hashtag pertama kali digunakan secara luas di Twitter (sekarang X), namun telah menjadi hal biasa di platform media sosial lainnya termasuk Facebook, Instagram, dan TikTok, atau 'tag' di Threads pendatang baru. Di banyak tempat, hashtag kini bertindak sebagai mesin pencari bagi pengguna untuk menemukan informasi dan mengajukan pertanyaan.

Menguasai hashtag memberi kamu cara ampuh untuk melibatkan audiens dan meningkatkan dampak sosial kamu tanpa biaya selain waktu yang diperlukan untuk melakukan riset dan memperhatikan tren.

Jika digunakan dengan benar, hashtag memberikan konteks pada postingan sosial kamu dan membantu orang yang tertarik dengan topik kamu menemukan merek atau konten kamu dan membantu memperluas pengaruh dan pengikut kamu.

Apa itu Hashtag?

Hashtag adalah kata atau frase kata kunci yang diawali dengan simbol hash (#). Ini digunakan dalam postingan di media sosial untuk membantu mereka yang mungkin tertarik dengan topik kamu agar dapat menemukannya ketika mereka mencari kata kunci atau hashtag tertentu. Ini membantu untuk menarik perhatian ke postingan kamu dan mendorong interaksi.

Misalnya, jika kamu adalah toko makanan atau toko lokal, kamu dapat menggunakan #sandwich atau #foodie saat memposting foto makan siang yang sangat kamu sukai!

Apa yang kamu Lakukan dengan Hashtag?

Saat menggunakan frasa sebagai hashtag, kamu mengejanya tanpa spasi, seperti #usinghashtags. Ini dapat berisi angka tetapi tidak boleh berisi simbol atau tanda baca. 

Hashtag dapat ditempatkan di awal, tengah, atau akhir postingan atau komentar media sosial kamu, dan memungkinkan apa yang kamu tulis diindeks oleh jaringan media sosial. Dengan strategi ini, orang-orang yang bukan penggemar atau pengikut kamu tetap dapat menemukan konten kamu.

Jika kamu memerlukan panduan tentang cara meneliti kata kunci untuk dimasukkan ke dalam hashtag kamu, lihat  infografis kami untuk lima langkah mudah.

“15% konsumen lebih suka mencari di media sosial daripada mesin pencari, sementara 31% menggunakannya untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka.” - HubSpot

Apa Arti Hashtag di Media Sosial?

Meskipun kedengarannya sederhana untuk menempatkan hashtag di depan kata kunci kamu, ada beberapa informasi dasar lainnya yang penting untuk diketahui ketika kamu mencoba ditemukan dengan menggunakan hashtag.

Menggunakan hashtag hanya membuat perbedaan dalam strategi media sosial kamu bila dilakukan dengan cara yang benar. 

Tips Menggunakan Hashtag

Jangan terbawa suasana menggunakan hashtag setiap beberapa kata. Banyaknya hashtag yang bisa digunakan tergantung pada platform yang kamu gunakan. Namun dalam kebanyakan kasus, satu hingga tiga hashtag dapat memberikan dampak yang lebih besar daripada banyak hashtag.

Jaga agar hashtag tetap pendek dan mudah diingat daripada mencoba menggunakan banyak kata dalam satu tag. Ingat #BlackOutTuesday berhasil digunakan sebagai bagian dari gerakan Black Lives Matter di Amerika pada tahun 2020?

Jangan mencoba memilih hashtag yang terlalu cerdik atau tidak jelas. Jika kamu memilih tag yang tidak akan dicari oleh siapa pun, itu tidak akan menguntungkan pemasaran kamu karena tidak akan ditemukan!

Gunakan hashtag yang detail dan spesifik karena ini akan memberikan hasil yang lebih baik daripada hashtag yang luas atau umum. Istilah yang luas kemungkinan besar tidak akan dicari, dan jika kamu menggunakannya, konten kamu mungkin akan hilang di lautan konten yang tidak terkait.

Fokus pada hashtag dengan pencarian volume rendah atau sedang untuk menjangkau audiens yang tepat. Penggunaan hashtag bervolume tinggi berisiko menarik robot spam.

Jangan mencoba memaksakan hashtag ke setiap postingan. Sebaliknya, gunakanlah ketika hal-hal tersebut memberi nilai tambah dan cenderung merangsang percakapan dan interaksi.

Hashtag tidak hanya dapat menarik anggota audiens target kamu tetapi juga dapat digunakan untuk meneliti pesaing kamu. Cari menggunakan hashtag, dan kamu akan menemukan konten relevan yang terkait dengan topik kamu.

Mengapa Hashtag Penting?

Hashtag penting di media sosial karena memungkinkan konten kamu ditemukan oleh orang yang tepat. Menggunakan hashtag yang relevan membantu memberikan konteks pada konten kamu dan mengarahkan lalu lintas sehingga kamu dapat meningkatkan penayangan, suka, dan berbagi. Kuncinya adalah menemukan hashtag yang tepat dan sesuai dengan konten kamu dan menarik bagi pengguna.

Cara Menemukan Hashtag yang Efektif : Mulailah dengan Influencer

Mungkin ada garis tipis antara hashtag yang terlalu umum dan hashtag yang terlalu rumit atau tidak dapat ditemukan. Tempat yang baik untuk mulai menentukan hashtag apa yang efektif adalah dengan memperhatikan hashtag apa yang digunakan influencer  di niche kamu.

Kemungkinan kamu memiliki gagasan bagus tentang siapa influencer yang menarik perhatian audiens kamu, tetapi jika kamu baru mengenal suatu niche, bagaimana kamu menemukannya? 

Untuk niche tertentu, influencer adalah orang-orang yang suaranya paling dipercaya dan didengarkan, seperti selebriti, blogger terkenal, dan pengguna YouTube. Ada juga banyak influencer B2B yang dapat kamu gunakan untuk menciptakan dampak pemasaran, pastikan saja mereka relevan dengan bisnis kamu.

Alat hebat yang digunakan untuk mengidentifikasi influencer adalah BuzzSumo. Dengan menggunakan alat ini, kamu dapat menemukan konten, blogger, publikasi, dan penulis teratas di niche kamu. Ikuti influencer teratas, dan perhatikan hashtag yang mereka gunakan secara teratur untuk memanfaatkan kata kunci dan tren yang relevan.

BuzzSumo Influencer

Setelah kamu mengidentifikasi influencer yang relevan, kamu harus menggunakan alat pelacak influencer untuk menyimpan daftar faktor penting seperti saluran sosial yang digunakan, spesialisasi, dan relevansi dengan merek kamu.

Tools Untuk Mencari Hashtag

Alat penelitian lainnya secara khusus diarahkan untuk mempersempit informasi tentang hashtag. Lihatlah alat-alat berikut untuk bantuan dalam mengidentifikasi hashtag yang efektif di niche kamu :

  • RiteTag menawarkan saran hashtag instan dalam interaksi waktu nyata.
  • Hashtagify.me adalah alat yang memungkinkan kamu mencari popularitas dan tren hashtag.
  • Keyhole memberi kamu fungsi pencarian gratis dan memberi kamu data real-time tentang berbagai faktor.
  • Copyai hashtag generator menggunakan AI untuk membuat hashtag untuk postingan sosial kamu.
  • Hashtagforlikes adalah alat generator untuk Instagram dan TikTok yang mencari statistik langsung untuk membantu kamu membuat kampanye. 
  • All Hashtag membuat hashtag untuk berbagai platform sosial 
  • Hastag Generator Tool tanpa embel-embel dan dibuat oleh Influencer Marketing Hub untuk Instagram dan TikTok
  • Keyword Tool memungkinkan kamu mencari hashtag Instagram berdasarkan kata kunci  

Ingatlah untuk mencari kata kunci yang terkait dengan konten kamu di platform sosial untuk melihat hashtag apa yang muncul. Selain itu, pastikan untuk menggunakan alat pendengar sosial untuk memahami apa yang dibicarakan pengguna dan tren apa pun yang mungkin kamu kaitkan dengan merek kamu.

Cara Menggunakan Hashtag di Twitter atau X

Menggunakan hashtag yang relevan di X (sebelumnya Twitter) dapat meningkatkan keterlibatan kamu, selama kamu tidak berlebihan. Satu atau dua hashtag per tweet sudah cukup. Saat kamu menggunakan beberapa hashtag dan meminta pengikut kamu untuk me-retweet, ini dapat menghasilkan lebih banyak keterlibatan.

Berikut penggunaan sederhana hashtag yang relevan oleh Nike.

Penggunaan hashtag pada X akan membuat postingan kamu dapat diakses ketika orang mencari tag kamu. Ini juga dapat membantu kamu menemukan percakapan untuk terlibat. Untuk dampak yang lebih besar pada platform ini, telitilah hashtag yang sedang tren.

Cara Menggunakan Hashtag di Facebook

Saat kamu mencoba untuk mendapatkan lebih banyak eksposur untuk postingan Facebook kamu, menggunakan hashtag dapat membantu karena dapat meningkatkan jangkauan organik. Namun, mereka tidak sepopuler di saluran lain. 

Di Facebook, penting untuk tidak menggunakan terlalu banyak hashtag. Biasanya disarankan untuk menggunakan satu atau dua saja. Lebih dari itu akan membuat kamu terkesan tidak profesional dan dapat mengganggu orang yang membaca postingan kamu.

kamu dapat menemukan hashtag yang relevan untuk digunakan hanya dengan mengetikkan kata kunci ke dalam bilah pencarian.

Selamat Tahun Baru 2024! ✨ Semoga tahun ini membawa berbagai kebahagiaan dan kesuksesan baru untuk kita semua 🥳 #tokopedia

Posted by Tokopedia on Sunday, December 31, 2023

Mungkin ada baiknya juga untuk kembali ke postingan Facebook kamu yang berkinerja terbaik dan memposting ulang dengan hashtag yang relevan. Ini tidak hanya menggunakan kembali konten lama yang disukai pengikut kamu, tetapi juga dapat menarik pengikut baru yang tertarik dengan produk atau layanan kamu.

Cara Menggunakan Hashtag di Instagram

Menggunakan hashtag di Instagram dapat meningkatkan jangkauan dan mendorong keterlibatan. Jadi jangan ragu untuk menggunakan hingga sepuluh atau sebelas hashtag yang relevan dan populer untuk Instagram Stories atau Reel untuk menjangkau khalayak seluas mungkin.

Kombinasi tersebut berfungsi dengan baik di Instagram seperti hashtag populer, hashtag lokasi, hashtag khusus, hashtag terkait konten, dan hashtag bermerek. 

kamu dapat menggunakan sebanyak 30 hashtag pada postingan reguler di Instagram. kamu mungkin tidak perlu menggunakan sebanyak itu, namun ada baiknya mengetahui bahwa menggunakan lebih banyak dapat diterima di sini, sehingga kamu dapat bereksperimen.

Gunakan kotak pencarian untuk melihat hashtag apa yang digunakan influencer atau pesaing untuk terlibat di Instagram. Karena ini adalah platform terbaik untuk banyak hashtag, cobalah variasi yang luas dan gunakan pada postingan, foto, dan komentar.

Bagaimana Merancang Strategi Hashtag

Pilih hashtag spesifik jika memungkinkan, karena semakin spesifik hashtag yang kamu buat, semakin besar kemungkinan kamu menarik audiens yang ditargetkan. Gunakan huruf kapital di depan setiap kata, meskipun tidak wajib, untuk memberikan konteks pada postingan kamu dan menunjukkan apa yang ingin kamu komunikasikan.

Pesaing kamu mungkin sudah menggunakan hashtag dalam strategi media sosial mereka. Seberapa sukses mereka dalam melibatkan audiens bersama kamu? Perhatikan seberapa banyak atau sedikit mereka menggunakan hashtag dan apa tanggapannya.

Tidak ada jawaban pasti mengenai hashtag mana yang harus kamu gunakan atau bagaimana pendekatan strategi kamu.

Akhir Kata

Strategi hashtag yang sukses dimulai dengan mengenal audiens kamu dan meluangkan waktu untuk memahami apa yang berhasil di setiap platform. Selain itu, kamu akan terus mempelajari apa yang berhasil (dan apa yang tidak) dengan menggunakan hashtag sebagai bagian dari strategi media sosial kamu dan menganalisis hasil kamu.

Hashtag adalah alat yang hebat untuk berkomunikasi dengan pengikut kamu serta meningkatkan keterlibatan dan menarik pelanggan baru.

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.