ikuti Young di Google News

Apa Perbedaan Antara Hub dan Switch?

Perbedaan Hub dan Switch - Hub cocok untuk jaringan kecil dan sederhana, sedangkan switch cocok untuk jaringan besar dan kompleks.

Hub dan Switch adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer dalam satu jaringan. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menghubungkan perangkat-perangkat tersebut sehingga dapat saling berkomunikasi.

Namun, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara keduanya, baik dari segi cara kerja, kecepatan, jumlah port, keamanan, fitur, maupun penerapannya.


Pengertian Hub dan Switch

Hub adalah perangkat jaringan yang beroperasi pada lapisan fisik (Physical Layer) model OSI. Hub berfungsi untuk menerima data dari satu perangkat dan meneruskannya ke semua perangkat yang terhubung ke hub tersebut.

Pada dasarnya, hub bekerja seperti sebuah jembatan (Bridge) yang menghubungkan dua jaringan. Ketika ada data yang dikirim dari satu perangkat ke perangkat lain, maka data tersebut akan diteruskan oleh hub ke semua perangkat yang terhubung ke hub tersebut.

Switch adalah perangkat jaringan yang beroperasi pada lapisan data link (Data Link Layer) model OSI. Switch berfungsi untuk menerima data dari satu perangkat dan mengirimkannya langsung ke perangkat yang dituju.

Switch memiliki tabel alamat MAC (Media Access Control) yang digunakan untuk menyimpan alamat MAC dari semua perangkat yang terhubung ke switch tersebut. Ketika ada data yang dikirim dari satu perangkat ke perangkat lain, maka switch akan memeriksa tabel alamat MAC untuk menentukan perangkat tujuan. Jika alamat MAC perangkat tujuan diketahui, maka switch akan mengirimkan data tersebut langsung ke perangkat tujuan tersebut.


Perbedaan Cara Kerja Hub dan Switch

Perbedaan utama antara hub dan switch terletak pada cara kerja mereka dalam mengirimkan data. Hub menyebarkan data ke semua perangkat yang terhubung, sedangkan switch mengirimkan data langsung ke perangkat yang dituju.

Penyebaran data oleh hub dilakukan secara broadcast. Broadcast adalah pengiriman data ke semua perangkat yang terhubung ke jaringan. Hal ini berarti, jika ada data yang dikirim dari satu perangkat ke perangkat lain, maka data tersebut akan diterima oleh semua perangkat yang terhubung ke hub tersebut, termasuk perangkat yang tidak berhak menerima data tersebut.

Pemindahan data oleh switch dilakukan secara unicast. Unicast adalah pengiriman data ke satu perangkat tertentu. Hal ini berarti, jika ada data yang dikirim dari satu perangkat ke perangkat lain, maka data tersebut hanya akan diterima oleh perangkat yang dituju.


Perbedaan Kecepatan Hub dan Switch

Perbedaan cara kerja hub dan switch juga berdampak pada perbedaan kecepatannya. Hub memiliki kecepatan yang lebih lambat daripada switch. Hal ini karena hub harus meneruskan data ke semua perangkat yang terhubung, sedangkan switch hanya meneruskan data ke perangkat yang dituju.

Kecepatan transmisi data oleh hub dipengaruhi oleh jumlah perangkat yang terhubung ke hub. Semakin banyak perangkat yang terhubung ke hub, maka semakin lambat kecepatan transmisi datanya.

Kecepatan transmisi data oleh switch tidak dipengaruhi oleh jumlah perangkat yang terhubung ke switch. Hal ini karena switch hanya mengirimkan data ke perangkat yang dituju.


Perbedaan Jumlah Port Hub dan Switch

  • Hub biasanya memiliki jumlah port yang lebih sedikit daripada switch. Hal ini karena hub hanya berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer dalam satu jaringan kecil.
  • Hub biasanya memiliki jumlah port antara 4 hingga 12 port.
  • Switch dapat memiliki jumlah port yang lebih banyak daripada hub. Hal ini karena switch dapat digunakan untuk menghubungkan banyak perangkat komputer dalam satu jaringan besar.
  • Switch dapat memiliki jumlah port antara 24 hingga 48 port, atau bahkan lebih.


Perbedaan Keamanan Hub dan Switch

Hub kurang aman daripada switch. Hal ini karena hub menyebarkan data ke semua perangkat yang terhubung, sehingga data tersebut dapat diakses oleh perangkat yang tidak berhak.

Penyebaran data oleh hub ini dapat dimanfaatkan oleh perangkat yang tidak berhak untuk mencuri data yang dikirimkan oleh perangkat lain.

Switch lebih aman daripada hub. Hal ini karena switch mengirimkan data langsung ke perangkat yang dituju, sehingga data tersebut hanya dapat diakses oleh perangkat yang berhak.

Pemindahan data oleh switch secara unicast ini membuat data lebih sulit untuk dicuri oleh perangkat yang tidak berhak.


Perbedaan Penerapan Hub dan Switch

  1. Hub cocok untuk jaringan kecil dan sederhana. Hal ini karena hub memiliki kecepatan yang lebih lambat dan jumlah port yang lebih sedikit.
  2. Hub biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat perangkat komputer dalam satu jaringan kecil, seperti jaringan di rumah atau di kantor kecil.
  3. Switch cocok untuk jaringan besar dan kompleks. Hal ini karena switch memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan jumlah port yang lebih banyak.
  4. Switch biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat perangkat komputer dalam satu jaringan besar, seperti jaringan di kantor besar, kampus kampus, atau gedung perusahaan.


Perbedaan Fitur Hub dan Switch

Selain perbedaan-perbedaan di atas, hub dan switch juga memiliki perbedaan dalam hal fitur-fitur yang ditawarkan.

Hub biasanya tidak memiliki fitur-fitur tambahan, seperti QoS (Quality of Service) atau VLAN (Virtual Local Area Network). Switch dapat memiliki fitur-fitur tambahan, seperti QoS, VLAN, dan fitur-fitur keamanan lainnya.

QoS adalah fitur yang digunakan untuk mengatur kualitas layanan jaringan. Fitur ini dapat digunakan untuk memberikan prioritas kepada data tertentu, seperti data suara atau video.

VLAN adalah fitur yang digunakan untuk membagi jaringan menjadi beberapa segmen virtual. Fitur ini dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan jaringan atau untuk mengisolasi perangkat-perangkat tertentu.

Fitur-fitur keamanan yang dapat dimiliki oleh switch meliputi:

  1. Port Security, yang digunakan untuk membatasi perangkat yang dapat terhubung ke port tertentu.
  2. Detektan Intrusi, yang digunakan untuk mendeteksi serangan jaringan.
  3. Enkripsi Data, yang digunakan untuk melindungi data yang dikirimkan melalui jaringan.


Kesimpulan

Hub dan switch adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer dalam satu jaringan. Namun, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara keduanya, baik dari segi cara kerja, kecepatan, jumlah port, keamanan, fitur, maupun penerapannya.

Hub cocok untuk jaringan kecil dan sederhana, sedangkan Switch cocok untuk jaringan besar dan kompleks.

Jadi itulah penjelasan mengenai Apa Perbedaan Antara Hub dan Switch. Saat memilih antara hub dan switch, perlu dipertimbangkan faktor-faktor Ukuran jaringan, Kebutuhan kecepatan, Kebutuhan keamanan, Fitur-fitur yang dibutuhkan.

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.