ikuti Young di Google News

Cara Optimasi Google AdSense dan Meningkatkan Penghasilan AdSense

Cara Optimasi Google AdSense - Coba ikuti tips di ini untuk memperbaiki masalah yang dapat mengurangi penghasilan Anda.

Cara Optimasi Google AdSense

Cara Optimasi Google - AdSense adalah salah satu alat monetisasi paling populer bagi pemilik situs web atau blog. Mudah digunakan, relatif murah, dan memberi Anda akses ke basis pengiklan yang luas. Namun, banyak pengguna baru AdSense yang melakukan kesalahan umum, tanpa menyadari bahwa mereka tidak mendapatkan potensi maksimalnya.

Penyebab paling umum rendahnya pendapatan AdSense mencakup klik tidak valid, penempatan iklan salah, penurunan BPK, dan sumber lalu lintas berkualitas rendah. Coba ikuti tips di ini untuk memperbaiki masalah yang dapat mengurangi penghasilan Anda.

Saya mengumpulkan praktik terbaik, tips, dan trik untuk mengoptimalkan kinerja AdSense Anda.


Bagaimana Google AdSense Menentukan Tampilan Halaman dan RKT?

Sebelum memulai pengoptimalan, kita perlu memahami kapan AdSense menganggap suatu halaman telah dilihat. Untuk Adsense , kapan saja suatu halaman memuat iklan. Ini dianggap sebagai tampilan halaman. Iklan mendapatkan tayangan ketika iklan dimuat di area berbeda di situs web penerbit saat pengunjung menelusuri halaman.

Rasio klik-tayang adalah persentase pengguna yang mengklik iklan berdasarkan total tayangan. Penerbit terkadang memiliki banyak tayangan laman namun RKT sangat rendah, yang menunjukkan tingginya persentase pengunjung “Bounce” laman.

Apa itu Google Active view?

Active view adalah teknologi yang tersedia di layanan Google, seperti YouTube dan situs Jaringan Display lainnya, yang memungkinkan Google Ads memeriksa apakah iklan Anda dapat dilihat. Ini mengukur keterlihatan iklan diukur dengan standar Dewan Pemeringkatan Media.

  1. Google Ads menghitung iklan bergambar sebagai terlihat ketika setidaknya 50% area terlihat di layar setidaknya selama 1 detik.
  2. Iklan dapat dilihat untuk iklan bergambar berukuran 242.500 piksel atau lebih bila setidaknya 30% dari iklan tersebut harus dapat dilihat.
  3. Iklan video dapat dilihat bila setidaknya 50% iklan terlihat di layar. Video harus berdurasi minimal 2 detik.


Praktik Dasar Pengoptimalan AdSense

Maksimalkan Konversi Dengan Banyak Unit Iklan

Menggabungkan unit iklan dengan lebih dari satu jenis dan ukuran pada laman Anda adalah metode sederhana untuk meningkatkan rasio klik Anda.

Penempatan adalah kuncinya. Iklan dengan lokasi terbaik akan muncul pertama kali di laman Anda, sehingga penawar tertinggi akan mendapatkan lokasi premium ini, dan meningkatkan penghasilan Anda.

Namun perlu diingat bahwa AdSense memiliki kebijakan iklan maksimum . Anda dapat menempatkan hingga tiga unit konten AdSense, hingga tiga unit link, dan hingga dua unit pencarian pada setiap halaman.

Kurangi Jumlah Iklan Above The Fold

Above The Fold adalah bagian halaman web yang dapat dilihat pengguna tanpa menggulir ke bawah.  Maklum, posisi ini lebih diinginkan dan lebih mahal dibandingkan paro bawah.

Banyak penerbit melakukan kesalahan dengan menempatkan terlalu banyak iklan di paro atas, mengacaukan ruang, dan mengganggu pengunjung. Google memperhitungkan hal ini, dan sekarang memberikan penalti pada halaman yang memiliki terlalu banyak iklan di paro atas. 

“Jika Anda mengeklik sebuah situs web dan bagian situs web yang pertama kali Anda lihat tidak memiliki banyak konten yang terlihat di paruh atas atau mendedikasikan sebagian besar layar awal situs untuk iklan, itu sangat tidak tepat. pengalaman pengguna yang baik. Situs-situs seperti itu mungkin tidak akan mendapat peringkat tinggi di masa mendatang.” (blog webmaster Google

Jangan Lupa Uji A/B Iklan Anda

Ini adalah langkah dasar periklanan digital, namun sering kali pemasar mengabaikannya. Google AdSense memungkinkan Anda bereksperimen dengan unit iklan , untuk memilih unit iklan yang berkinerja terbaik. Anda dapat menguji kinerja iklan Anda hanya dengan teks, atau dengan teks dan gambar, misalnya. Atau analisis bagaimana mengubah warna latar belakang dapat meningkatkan jumlah klik.

Mempersiapkan pengujian A/B memerlukan sedikit usaha, karena Anda perlu membuat setidaknya dua versi iklan yang sama, menyiapkan dan memantau eksperimen, dan terakhir menganalisis metrik untuk memilih pemenang. Namun, platform monetisasi terkemuka dapat memudahkan pekerjaan Anda dengan menambahkan fitur pengujian A/B tingkat lanjut ke perangkat lunak. Alat-alat ini membuat beberapa variasi unit iklan, menyiapkan dan melakukan pengujian, lalu memilih pemenang.

Terapkan Iklan Responsif

Desain web responsif tidak lagi menjadi tren tetapi harus dimiliki, karena berkontribusi terhadap pengalaman pengguna yang lebih baik. Pengguna saat ini menemukan iklan di beberapa perangkat dengan berbagai ukuran layar. Oleh karena itu, iklan yang menyesuaikan dengan ukuran layar akan lebih menarik perhatian pengguna. Iklan responsif mendapatkan rasio klik-tayang (RKT) lebih tinggi dibandingkan iklan non-responsif. 

Anda dapat membuat iklan responsif di akun Google Ads dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Masuk ke Akun Google Ads Anda.
  2. Pada menu, klik “Semua Kampanye”.
  3. Pilih “Kampanye Display” – pilih kampanye yang ingin Anda jadikan responsif.
  4. Klik “Iklan dan Ekstensi”, lalu “Iklan”.
  5. Klik tombol tambah “+”.
  6. Pilih “Iklan bergambar responsif”.
  7. Pilih “grup iklan”.
  8. Tambahkan dan simpan gambar atau video.
  9. Tambahkan judul, deskripsi, nama bisnis, dan link.
  10. Pratinjau dan simpan iklan.

Tautkan Akun Analytics Anda ke Akun AdSense Anda

Dengan menautkan akun AdSense dan Google Analytics, Anda dapat memiliki akses ke metrik AdSense.  Anda dapat melacak pendapatan, klik, dan tayangan untuk lebih memahami cara monetisasi situs Anda.

Gunakan data untuk menyesuaikan pemuatan iklan dan mengoptimalkan posisi iklan dan konten Anda. Anda juga dapat menggunakan wawasan dari Google Analytics untuk menyempurnakan unit iklan.

Fokus Pada Pengguna

Jangan lupa bahwa tujuan sebenarnya adalah memberikan nilai kepada pengguna dan memperkaya pengalaman mereka. UX (User Experience) kemudian menjadi kunci untuk memberikan kepuasan kepada calon pelanggan. Terlalu banyak iklan dapat memberikan dampak negatif bagi pengguna.

Menggabungkan iklan dan konten secara seimbang dapat memastikan pengalaman pengguna yang lancar dan mengurangi rasio pentalan. Pertimbangkan posisi iklan, iklan harus ditempatkan agar terintegrasi semulus mungkin dengan konten. Selain itu, iklan dan halaman harus fokus pada kegunaan.

Tingkatkan Kualitas Konten Anda

Untuk meningkatkan pendapatan AdSense Anda, kualitas konten Anda adalah suatu keharusan. Jika konten Anda tidak mengarahkan lalu lintas, Anda tidak mendapatkan uang. Untuk mengoptimalkan konten Anda, ada beberapa tips yang berasal dari algoritma Google itu sendiri. Google menghargai konten yang menarik bagi pengguna, dipublikasikan secara berkala, dan menunjukkan keahlian dalam topik yang diminati pengunjung Anda.

Ingatlah, meskipun pengunjung mungkin tertarik dengan iklan tersebut, mereka berada di situs Anda untuk mencari kontennya. Meskipun iklannya menarik dan relevan, jika konten Anda menarik sebagaimana mestinya, pengunjung akan menggulir ke bawah dan mungkin melupakan iklan tersebut. 

Anda dapat mengatasinya dengan menambahkan iklan melayang, melekat, atau mengambang, yang akan “mengikuti” pengguna saat mereka menggulir konten ke bawah.

Ciptakan dan Peliharalah Audiens Anda

Sebelum menyiapkan AdSense, pastikan Anda membangun audiens yang terlibat yang dapat menghasilkan pendapatan. Mengisi situs web Anda dengan iklan sebelum pengunjung Anda menyadarinya, pasti merupakan resep kegagalan. Selain itu, di dunia tanpa cookie ini, menciptakan audiens berupa pelanggan, pembaca, dan pengunjung tetap ke situs Anda menjadi lebih penting dari sebelumnya, sebelum Anda mulai memonetisasi dengan iklan. Dengan melakukan ini, Anda juga akan membuat situs Anda lebih menarik bagi pengiklan.

Sesuaikan Gaya dan Ukuran Iklan

Mengoptimalkan ukuran lebih dari sekadar menggunakan iklan responsif. Anda harus membuat tata letak yang berbeda untuk perangkat yang berbeda untuk memastikan iklan ditampilkan di tempat yang tepat . Menyampaikan teknologi responsif tanpa penyesuaian dapat mengakibatkan spanduk memakan terlalu banyak ruang layar atau ditempatkan di tempat yang salah pada layar.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah masalah ini? Nilai kinerja iklan di perangkat seluler seperti tablet dan ponsel cerdas, dan tambahkan tata letak hanya untuk perangkat seluler. 

Masalah umum lainnya adalah ketika gaya iklan tidak sesuai dengan estetika atau konten halaman. Periksa apakah iklan konsisten dan menyatu dengan tata letak halaman dan konten untuk pengalaman pengguna yang lancar. Penggunaan iklan kontekstual menghasilkan unit iklan yang paling sesuai dengan maksud pengguna dan konten halaman.  

Gunakan Filter AdSense untuk Keuntungan Anda

Meskipun filter tidak secara langsung meningkatkan pendapatan, filter dapat membantu Anda memfilter iklan yang mungkin berbenturan dengan konten situs Anda. Namun, jangan berlebihan, memfilter terlalu banyak dapat berdampak negatif pada pendapatan Anda.

Uji pengaruh filter kategori iklan yang berbeda terhadap pengunjung, dengan mengaktifkan filter yang dapat meningkatkan pengalaman pengunjung Anda, lalu mengukur reaksi pengunjung. Periksa rasio pentalan, waktu di situs, dan waktu keterlibatan. Kemudian bandingkan dengan data saat filter dimatikan. Dengan melakukan ini Anda akan mendapatkan data akurat tentang seberapa efektif filter AdSense terhadap pengunjung Anda.

Buat Saluran Khusus

Jika Anda belum menyiapkan saluran khusus di akun AdSense Anda, Anda harus memulai. Dengan saluran khusus, Anda dapat membuat grup iklan atau penempatan yang dapat ditargetkan langsung oleh pengiklan. Dengan melakukan ini, persaingan untuk mendapatkan ruang iklan Anda akan meningkat.

Saluran khusus memungkinkan Anda mengelompokkan unit iklan individual dan mendapatkan data kinerja untuk setiap grup. Misalnya, melacak kinerja iklan Anda di kanan atas. Anda juga dapat melacak unit iklan dengan menambahkan ID saluran khusus ke kode unit iklan Anda. Misalnya, untuk melacak berapa banyak penghasilan Anda dalam satu grup vs grup lainnya.

Berikut ini contoh dari halaman Bantuan Google AdSense

Bagaimana cara membuat saluran khusus? 

  1. Masukkan akun / Laporan AdSense Anda
  2. Klik pada Pengaturan
  3. Pilih Kelola saluran khusus
  4. Pilih Tambahkan saluran
  5. Pilih produk AdSense Anda dan beri nama deskriptif pada saluran Anda.
  6. Pilih unit iklan mana yang ingin Anda lacak dengan saluran ini.
  7. Klik Tambahkan. 

Anda dapat mempelajari cara mengelola, menghapus, dan mengaktifkan saluran khusus di halaman Bantuan Google AdSense. 

Waspadai kesalahan dan masalah AdSense

Terkadang konsol AdSense Anda akan menandai kesalahan dan peringatan. Berikut ini beberapa masalah yang paling umum dan cara memperbaikinya: 

Kesalahan perayap: “Robot denied”. Pesan kesalahan ini menunjukkan Bot AdSense tidak dapat menjangkau situs Anda. Jika hal ini terjadi, hapus dua baris berikut dari file robots.txt dan Anda akan memberikan akses ke crawler AdSense: Agen pengguna: Mediapartners-Google Disallow: /

File ads.txt tidak ada:  Anda bisa mendapatkan peringatan di akun AdSense Anda jika satu atau beberapa file ads.txt tidak memiliki ID penayang AdSense Anda. Untuk memperbaikinya: buka Situs/Ikhtisar di akun AdSense Anda dan verifikasi di situs mana Anda perlu menambahkan ID penerbit.

Iklan responsif yang dapat disesuaikan harus memiliki lebar minimal 250 piksel: Misalkan lebar yang tersedia adalah 225 piksel, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan. Peringatan ini muncul jika Google tidak memiliki cukup ruang untuk menampilkan iklan, dan ruang iklan akan tetap kosong. Untuk mengatasinya, Anda dapat menempatkan iklan yang lebih kecil atau mengubah tata letak Anda.


Tips Pengoptimalan AdSense untuk Iklan Video

Iklan video memerlukan pengoptimalannya sendiri. Berikut beberapa praktik terbaik:

Gunakan Pemutar Video HTML5 pihak ketiga

Ada banyak pemutar video pihak ketiga yang mendukung iklan video yang ditayangkan oleh Google Ad Manager dan AdSense untuk Video. Jika situs Anda belum mendukung pemutar video HTML5, tambahkan alat pihak ketiga. Anda dapat menemukan daftar perusahaan teknologi video yang bermitra dengan Google.

Gunakan Semua Format Iklan

Google IMA SDK mendukung beberapa jenis iklan video, termasuk linier, non-linier, tidak dapat dilewati, dan dapat dilewati. Misalnya, iklan hamparan (non-linier) muncul di sepertiga bagian bawah layar dan hanya tersedia untuk pemutar video web.

Untuk memaksimalkan pendapatan Anda, gabungkan semua jenis iklan video.

Tingkatkan pelaporan dengan menetapkan saluran.

Sama halnya dengan saluran khusus atau iklan reguler, Anda dapat menetapkan saluran ke iklan video. Saluran memungkinkan Anda memeriksa laporan kinerja setiap laman atau unit iklan. Misalnya, Anda dapat melacak kinerja iklan video Anda di halaman berbeda.


Kiat Pengoptimalan Google AdSense Tingkat Lanjut

Deteksi dan perbaiki lalu lintas tidak valid

Apa itu lalu lintas tidak valid? Menurut Google: “Aktivitas klik tidak valid terdiri dari klik atau tayangan apa pun yang dapat meningkatkan biaya pengiklan atau penghasilan penayang secara artifisial, dan kami memutuskan untuk tidak membebankan biaya kepada pengiklan. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada, klik atau tayangan yang dihasilkan oleh penerbit yang mengklik iklannya sendiri, penerbit yang mendorong klik pada iklannya, alat klik otomatis atau sumber lalu lintas, robot, atau perangkat lunak menipu lainnya.”

Jika Anda sering mendapatkan lalu lintas tidak valid, akun Anda berisiko ditangguhkan, terlepas dari mana lalu lintas tersebut berasal.

Apa yang bisa kau lakukan? Beberapa tips yang direkomendasikan Google antara lain menghindari sumber traffic berkualitas rendah, waspada terhadap traffic berbayar media sosial, dan memiliki keseimbangan yang sehat antara iklan dan konten.

Blokir atau Buka Blokir Kategori

Secara default, AdSense menandai kategori aman sebagai “diaktifkan” dan menonaktifkan kategori berisiko. Sebagian besar penerbit menggunakan pengaturan default. Namun, ada kesalahan umum di sini.

Banyak penerbit berpikir bahwa lebih baik mengizinkan semua kategori yang tersedia untuk meningkatkan persaingan pengiklan. Namun kenyataannya, beberapa kategori akan memiliki BPK lebih tinggi dan kategori lainnya memiliki RKT tinggi. Anda sebaiknya memilih kategori dengan RKPT tinggi dan BPK rendah. Bagaimana kamu melakukannya?

Lihat laporan kinerja dan periksa kategori mana yang berkinerja buruk, misalnya kategori yang memiliki banyak tayangan tetapi pendapatannya rendah. Inilah yang harus diblokir.

Gunakan fitur penetapan harga cerdas AdSense untuk mendapatkan BPK lebih tinggi

Algoritme penetapan harga cerdas akan melacak konversi iklan bagi pengiklan, sehingga situs web dengan konversi lebih tinggi mendapatkan tawaran BPK lebih tinggi.

Bagaimana Anda dapat membuat Smart Pricing bermanfaat bagi Anda? Pertama, blokir kategori yang berkinerja buruk. Kemudian tinjau tata letaknya agar tidak mendatangkan traffic non-konversi. Untuk mencapai hal tersebut, nilai perjalanan pelanggan Anda, sediakan konten relevan yang dirancang untuk setiap bagian perjalanan tersebut.

Gunakan Penargetan Geo tingkat lanjut

Hampir semua orang di seluruh dunia dapat melihat situs Anda, namun pendekatan yang terlalu luas dapat memengaruhi pendapatan Anda. Beberapa negara memiliki CPC yang lebih tinggi dibandingkan negara lain, misalnya negara maju (Inggris, AS, Kanada, dan Australia). Jika situs Anda tidak dalam bahasa Inggris, tambahkan bagian bahasa Inggris untuk mendapatkan tampilan BPK yang lebih tinggi.

Jika situs Anda dalam bahasa Inggris, fokuslah untuk membangun pemirsa di lokasi dengan bayaran lebih baik. Periksa bagian Negara di laporan kinerja AdSense Anda.  Kemudian fokus untuk mendatangkan lebih banyak traffic dari area dengan CPC tertinggi.

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.