ikuti Young di Google News

Bagaimana Cara Menjadi Penulis Yang Baik Dan Benar? #Curhat

Ketika Anda mencapai titik di mana Anda secara teratur memberikan tulisan berkualitas maka Anda akan menemukan pasar.

Saya telah menulis blog (mencoba) secara profesional selama lebih dari 4 tahun dan belajar menulis hampir selama itu. Setiap konferensi, setiap staf penulis, dan setiap kelas selalu menyertakan beberapa penulis yang bertanya: “Bagaimana Saya Bisa Menjadi Penulis yang Lebih Baik?

Mereka biasanya tidak menyukai jawaban saya. “Berlatihlah menulis setiap hari dan membaca untuk mempelajari tulisan orang lain setiap hari.

Mari kita bahasa tentang hal ini, siapkan kopi atau teh dan mungkin sedikit cemilan, karena curhatan ini akan panjang. Boleh di skip aja munpung belum terlanjur hehe.

Biasanya mereka tidak menyukai jawabannya karena salah satu dari dua alasan. Beberapa orang mencari formula ajaib dan solusi cepat yang akan menjadikan mereka penulis yang baik dalam tiga langkah mudah. Meskipun saran saya hanya melibatkan dua langkah, cukup jelas bahwa ini adalah proyek jangka panjang. Kelompok orang lain akan mencibir pada awalnya karena mereka menganggap diri mereka “penulis sejati” namun mereka tidak menyukai jawabannya seperti yang lain. Mereka percaya bahwa mereka memiliki anugerah yang hanya perlu dibuka dengan kunci ajaib yang dimiliki oleh para penulis sukses yang menerbitkan buku.

Kebenaran sederhananya adalah tidak ada cara untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda selain terus melatih keahlian Anda. Menulis setiap hari. Bereksperimen, merencanakan, merevisi, dan meninjau kembali. Buatlah tantangan, tenggat waktu, dan kompetisi. Dorong diri Anda sendiri dan tulisan Anda akan memberi Anda imbalan. Saya berjanji. Tulislah sesuatu yang terinspirasi oleh penulis yang Anda kagumi, lalu tulislah sesuatu yang sepenuhnya milik Anda sendiri.

Namun tidak cukup hanya menulis di ruang hampa – atau di menara gading. Anda juga harus membaca tulisan orang lain. Membaca jauh dan luas. Membaca fiksi, nonfiksi, puisi dan lirik lagu. Membaca argumen dan persuasi, membaca informatif dan biografi, membaca sains dan fantasi. Bacalah para profesional yang berbakat dan terampil dan bacalah mereka yang masih menemukan kemampuan menulisnya.

Anda membaca untuk mendapatkan inspirasi dan kepercayaan diri. Anda membaca untuk membangun kosa kata dan persediaan trik menulis Anda. Anda membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang ritme dan pola bahasa. Anda membaca sehingga saat Anda menulis, Anda dapat mengembangkan suara unik Anda sendiri.

Belajar menjadi penulis yang lebih baik bukanlah pekerjaan di akhir pekan atau bahkan satu semester. Belajar menjadi penulis yang lebih baik adalah pekerjaan seumur hidup. Jika Anda benar-benar seorang penulis maka Anda tidak akan pernah menganggap pekerjaan Anda selesai. Saya tidak mengenal seorang penulis profesional yang duduk diam dan berkata, “Saya sudah selesai belajar sekarang, saya sudah mencapai hasil sebaik yang saya bisa”. Tentu saja tidak perlu waktu seumur hidup untuk mencapai status profesional, namun Anda tidak boleh menjadikannya sebagai tujuan Anda. Berpikir seperti itu dapat menghambat Anda untuk menjadi penulis terbaik.

Misalnya, mungkin alasan proyek Anda ditolak sama sekali tidak ada hubungannya dengan tulisan Anda, namun sebenarnya karena topik Anda, kebutuhan khusus penerbit tersebut, atau bahkan suasana hati editor ketika kiriman Anda sampai ke meja mereka. . Kenyataannya adalah Anda tidak dapat mengontrol kapan Anda menjadi penulis profesional yang diterbitkan, namun Anda dapat mengontrol kemajuan Anda dalam meningkatkan tulisan Anda. 

Percayalah, semakin kuat tulisan Anda maka semakin mudah untuk mencapai tujuan lainnya. Ketika Anda mencapai titik di mana Anda secara teratur memberikan tulisan berkualitas maka Anda akan menemukan pasar. Jika Anda menulisnya, sisanya akan datang. jadi tunggu apa lagi, sekiang curhatan kali ini, semoga beruntung dan Salam!

Keywords

Teknik menulis kreatif, Strategi penulisan efektif, Pengembangan keterampilan menulis, Inspirasi tulisan, Penyuntingan dan revisi teks, Menemukan suara penulis, Meningkatkan keahlian jurnalistik, Memahami audiens pembaca, Pemasaran konten penulisan, Networking penulis, Riset topik menarik, Gaya penulisan unik, Menciptakan narasi yang kuat, Membangun kehadiran online, Menyusun rencana penulisan, Pemahaman genre tulisan, Menjaga konsistensi penulisan, Penggunaan teknologi dalam penulisan, Menyusun proposal penulisan, Menerima umpan balik dengan baik.

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.