ikuti Young di Google News

8 Cara Menguasai Wawancara Digital Marketing

Jika kamu baru memasuki dunia Digital Marketing, kemungkinan besar kamu belum mengembangkan spesialisasi. Namun, jika kamu ingin berspesialisasi atau memiliki keterampilan unik yang ingin diunggulkan, kamu harus siap untuk membahasnya - asalkan relevan.

Persiapkan Pengetahuan kamu tentang Periklanan Online

Bahkan jika kamu tidak bekerja di bidang penjualan dan periklanan, adalah ide bagus untuk memahami berbagai cara orang melakukan iklan online.

Sebagai contoh, kamu harus tahu sedikit tentang pemasaran Pay-Per-Click (PPC), strategi iklan digital di mana orang membayar setiap kali iklan diklik. Ini efektif karena iklan PPC yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kesadaran merek kamu hingga 80 persen.

kamu juga perlu memahami perbedaan antara penggunaan iklan untuk branding, yang umumnya melibatkan hal-hal seperti iklan YouTube dan display, dan pemasaran langsung, yang lebih tentang audiens target dan umumnya menggunakan hal-hal seperti iklan pencarian.

Google Ads juga merupakan hal yang perlu kamu diskusikan, karena ini adalah saluran umum yang digunakan oleh perusahaan dan agensi untuk membuat campuran iklan online yang ditujukan pada segmen tertentu dari audiens target kamu.

Tunjukkan Kemampuan Menulis kamu

digital marketing adalah tentang komunikasi - tidak hanya dengan audiens kamu tetapi juga dengan beragam rekan dan klien. Bahkan jika kamu bukan penulis naskah atau konten, pemberi kerja perlu tahu bahwa kamu dapat berkomunikasi.

Jadi, pikirkan tentang situasi di mana kamu telah menggunakan keterampilan menulis atau komunikasi kamu. Ini bisa hanya membantu menulis naskah untuk kampanye atau membuat brief untuk agensi kreatif.

Jika kamu berada di sisi teknis, kamu harus menunjukkan bahwa kamu memahami kode, analitika, atau bahkan video. Meskipun ini mungkin bukan 'menulis' secara harfiah, intinya adalah kamu ingin menunjukkan kemampuan kamu untuk berkomunikasi dalam bahasa yang relevan.

Pahami Istilah dan Linguistik

kamu harus siap untuk membicarakan manfaat digital marketing dibandingkan dengan pemasaran tradisional dan cara keduanya masih dapat bekerja sama untuk membuat kampanye yang kuat.

Berikut adalah beberapa poin yang mungkin ingin kamu bawa untuk membahas perbedaan antara kedua jenis pemasaran :

  • Metode pemasaran tradisional masih berguna dan efektif (iklan cetak atau TV) tetapi lebih kuat saat digunakan bersama dengan saluran digital marketing.
  • digital marketing biasanya memberikan Return on Investment (ROI) yang lebih besar daripada pemasaran tradisional.
  • digital marketing menghasilkan lebih banyak prospek dan dapat meningkatkan keterlibatan secara instan.
  • Kampanye digital marketing dapat dilokalkan dan dipersonalisasi.
  • Kampanye digital marketing dapat dengan mudah diukur menggunakan data, analitika, dan pelacakan.
  • Lebih mudah mengoptimalkan kampanye atau aktivitas digital marketing.

Mengetahui Perjalanan Pelanggan

Menjadi pemasar digital yang efektif adalah tentang memahami aliran lalu lintas - dari mana asal lalu lintas kamu, mengapa pergi (jika berkurang atau berpindah), dan segalanya di antaranya. Jadi, memahami perjalanan pelanggan atau pembeli dengan baik sangat penting, terutama ketika kamu menggunakan beberapa saluran dan menggabungkan digital marketing tradisional.

kamu sebaiknya fokus pada dua area kunci saat berbicara dengan pelanggan: retensi dan konversi. Jika kamu berada di ujung konten atau sosial, kamu juga harus membahas berbagai aktivitas yang kamu lakukan untuk menghasilkan dan merawat prospek.

Selalu sampaikan poin kamu dalam konteks pengalaman pengguna, dan cobalah untuk berbicara di luar ROI dan keuntungan ketika membahas perjalanan pembeli.

Pahami Perbedaan Antara Pemasaran Digital & Pemasaran Tradisional

Apakah kamu tahu perbedaan antara KPI (Key Performance Indicator) dan API (Application Programming Interface)? Bagaimana dengan CRO (Conversion Rate Optimization) atau CTR (Click Through Rate)?

Ada banyak akronim yang bisa dilemparkan kepada kamu tiba-tiba dalam wawancara, jadi pastikan untuk akrab dengannya terlebih dahulu.

Pahami SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization, lebih umum dikenal sebagai SEO, adalah cara bagi merek untuk terlihat. Ini adalah taktik yang digunakan pemasar untuk membuat perusahaan dan produk atau layanannya lebih terlihat secara online.

SEO penting karena menghasilkan lalu lintas, yang berarti lebih banyak peluang untuk mengonversi prospek menjadi pelanggan. Jadi, semakin tinggi peringkat kamu dalam pencarian Google (atau Bing atau Yahoo), semakin besar kemungkinan kamu mendapatkan klik.

Beberapa area penting SEO adalah:

  • Kata kunci/Keywords/Queri
  • Backlink
  • Konten yang Dioptimalkan
  • Mobile-Friendly
  • Kecepatan Muat Halaman

SEO juga semakin penting dalam pembuatan pemasaran konten. Memahami niat pencarian membantu membuat konten yang relevan dan bermanfaat.

Ketahui Alat dan Sumber Daya Kunci

Bicaralah secara detail tentang cara kamu menjaga kampanye kamu terorganisir, tetapi juga alat yang kamu gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Pilih satu atau dua alat kunci yang sesuai dengan spesialisasi kamu sehingga kamu dapat membahas bagaimana mereka membantu kamu mencapai tujuan, misalnya, mengarahkan prospek.

  • Mailchimp adalah alat populer dan ramah pengguna untuk pemasaran email. Ini menawarkan berbagai template yang berbeda dan sangat mudah digunakan. Tidak hanya itu, tetapi kamu dapat menggunakannya untuk membuat funnel penjualan untuk prospek, perawatan, dan keterlibatan.
  • MOZ adalah alat yang dapat diandalkan untuk semua hal SEO, dan mereka berkomitmen untuk menawarkan basis informasi yang berimbang untuk orang-orang dari semua tingkatan pengetahuan.
  • Buffer akan membantu kamu mengelola semua kebutuhan media sosial kamu, termasuk penjadwalan, keterlibatan, dan analitika.
  • SEMRush dan BuzzSumo membantu kamu menemukan SEO optimal kamu dengan memeriksa perilaku pesaing dan peringkat keseluruhan.

Ini akan menunjukkan bahwa kamu fleksibel, cerdas, dan dapat belajar sendiri (pastikan untuk menonjolkan area di mana kamu belajar sendiri atau memiliki sertifikasi untuk membuktikan pengetahuan kamu).

Menjadi Pemasar Digital Kelas Dunia

Pahami Analytics

digital marketing adalah tentang pengukuran. Untuk membuat kampanye atau iklan lebih baik, penting untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak. Dengan cara ini, kamu dapat mengoptimalkan kampanye atau konten agar berbicara dan diarahkan kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat.

Sebagian besar peran digital marketing memerlukan pengetahuan analitis. Baik itu hanya menggunakan Google Analytics 4 untuk mengukur kinerja konten atau melacak perjalanan pelanggan. Jadi, pastikan kamu memiliki pengetahuan tentang analitik dan tunjukkan bukti mendapatkan wawasan dari data. Ini bisa seiring sederhana menganalisis waktu terbaik untuk memposting di Instagram agar meningkatkan keterlibatan.

Bisa Melibatkan Audiens

Tergantung pada sejauh mana spektrum keahlian kamu, kamu harus dapat menunjukkan bahwa kamu memahami persis bagaimana melibatkan audiens.

Contoh area penting untuk diketahui adalah persona pembeli (bagaimanapun kamu perlu tahu dengan siapa kamu berbicara untuk benar-benar melibatkan mereka), saluran mana yang memberikan tingkat keterlibatan terbaik (misalnya, Facebook adalah saluran sosial terbaik untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web kamu), cara merangking di mesin pencari (ini memerlukan kamu menggunakan SEO dan jenis konten (konten apa yang memicu keterlibatan, apakah itu video, blog, atau webinar).

Pada akhirnya, kamu perlu memahami apa yang menarik, melibatkan, dan memengaruhi audiens menggunakan saluran digital.

Ringkasan Wawancara digital marketing kamu

Tidak peduli latar belakang atau sertifikasi apa yang kamu miliki, calon pemberi kerja menginginkan pemahaman tidak hanya tentang apa yang kamu lakukan, tetapi bagaimana kamu melakukannya. Berikut adalah beberapa hal praktis yang dapat kamu lakukan untuk menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan semangat kamu.

  • Buat situs web demo atau portofolio.
  • Aktiflah di media sosial (tidak perlu di semua jaringan, pilih satu atau dua dan ikut serta).
  • Asah keterampilan sosial kamu dan berikan contoh kapan kamu menggunakannya (kamu berbicara tentang hal-hal seperti kolaborasi, komunikasi, kreativitas, atau pemecahan masalah).
  • Bersuara tentang pencapaian kamu (kamu mungkin tidak berpikir itu penting, tetapi orang ingin contoh kehidupan nyata).
  • Buat daftar kelebihan dan kelemahan kamu (ini pertanyaan umum dalam wawancara).
  • Ikuti tren dan perkembangan digital melalui blog, podcast, atau webinar.
  • Gunakan alat digital marketing kunci sehingga kamu memiliki pengetahuan kerja tentang mereka (misalnya, GA4, Mailchimp, Asana, Zoom, atau BuzzSumo).
  • Pertahankan profil LinkedIn dan situs web kamu tetap terkini dan relevan.
  • Hubungkan pengalaman masa lalu langsung dengan pekerjaan/posisi, bahkan jika terlihat tidak terkait.
  • Kenali istilah khusus dan gunakannya dalam wawancara.
  • Berbicaralah dengan gairah tentang Digital Marketing.

Semoga berhasil!

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.