ikuti Young di Google News

4 Cara Memilih Gaya Penulisan Yang Tepat

Kepribadian seorang penulis bergantung pada kata-kata yang digunakannya, penggunaan, kosa kata yang dipilihnya, dan gayanya.

Gaya penulisan merupakan keunikan seorang penulis. Saat Anda membangun gaya unik Anda, Anda akan dikenal karenanya. Misalnya, Ernest Hemingway biasa memulai kalimatnya dengan 'dan' atau 'tetapi' itulah gaya khasnya; Dickens menggunakan kalimat-kalimat yang rumit secara estetis, dan itulah gayanya.

Jadi, setiap penulis mempunyai gayanya masing-masing, yang merupakan penjumlahan dari seluruh tingkah laku menulis, pilihan kosa kata, dan konstruksi tata bahasa. Pada artikel ini kita akan membahas pentingnya membangun gaya penulisan seperti itu dan melihat bagaimana kita dapat melakukannya.

*****

1. Baca lebih lanjut dan analisis apa yang Anda baca sambil melanjutkan. Saat Anda membaca publikasi dan blog profesional, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang apa yang ada saat ini. Anda akan mengetahui keistimewaan seorang penulis tertentu. Ini adalah langkah pertama untuk membangun gaya Anda.

Beberapa publikasi profesional yang saya sarankan untuk dibaca antara lain Readers' Digest, situs berita seperti BBC, The Telegraph, CNN, dll. Saat membaca, berikan arti penting pada tingkah laku, pilihan kata, struktur kalimat, dll., yang digunakan dalam artikel.

2. Mengapa saya mengatakan 'hindari Wikipedia'? Wikipedia ditulis oleh masyarakat umum, dan tidak sepenuhnya benar. Hanya artikel premium mereka (yang tidak dapat diedit) yang bebas kesalahan. Semua artikel lainnya diedit oleh orang-orang, bahkan mereka yang tidak memiliki akun di sana, sehingga cenderung penuh kesalahan, baik secara tata bahasa maupun faktual.

Oleh karena itu, penting bagi Anda membacanya hanya sebagai informasi, bukan untuk membangun gaya penulisan. Selalu baca blog profesional dan publikasi lain yang memberi Anda nasihat bagus dalam menulis.

3. Berikan arti penting pada tata bahasa dan tanda baca Anda. Ciri utama seorang penulis terutama adalah tata bahasa dan tanda baca tulisannya. Ketika penulis menulis artikel yang penuh kesalahan, kredibilitasnya langsung turun. Jadi, sangat penting bagi orang yang mencoba terjun ke bidang menulis untuk mempelajari tata bahasa dan tanda baca. Aturan tata bahasa dan tanda baca sangat sederhana dan dapat dipelajari dari publikasi seperti AskOxford, Merriam Webster, dll.

4. Ada banyak perselisihan! Ya, ada banyak perselisihan mengenai apa yang benar dan apa yang salah dalam bahasa Inggris tertulis. Misalnya, jika Anda memeriksa koma Oxford (google 'comma rule oxford comma), Anda akan mengetahui bahwa banyak penulis merekomendasikan penggunaan koma tersebut, sementara beberapa penulis menghindarinya. Tergantung pada penulis apa yang dia pilih untuk digunakan.

*****

Ada pepatah populer yang mengatakan bahwa menulis memiliki kepribadian. Memang. Kepribadian seorang penulis bergantung pada kata-kata yang digunakannya, penggunaan, kosa kata yang dipilihnya, dan gayanya. Jadi apa gaya penulisan Anda? Tulis di kolom komentar ya, Semoga beruntung dan Salam!

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.