ikuti Young di Google News

Cara Memilih Niche Menulis : Panduan Lengkap

Postingan ini membahas esensi dari memilih niche penulisan dan niche dengan bayaran tertinggi yang harus diperhatikan pada tahun 2022.
Cara Memilih Niche Menulis

Hello World! Cara Memilih Niche Menulis : Panduan Lengkap - Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda harus menulis apa yang Anda ketahui. Tetapi bagaimana jika Anda tidak tahu apa yang ingin Anda tulis? Bagaimana Anda memilih niche menulis? Banyak penulis lepas menanyakan pertanyaan yang sama. Dan mungkin sulit untuk menemukan jawaban yang sempurna.

Ada beberapa niche dalam penulisan konten. Terkadang, niche Anda mungkin terlalu sempit, membatasi jumlah peluang atau topik untuk didiskusikan. Atau bisa jadi terlalu umum, dan Anda harus mempersempitnya lebih jauh. Misalnya, penulis di niche kesehatan mungkin ingin berspesialisasi dalam sub-relung seperti penurunan berat badan, kesehatan mental, atau teknologi kesehatan dll.

Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua untuk menemukan niche penulisan ideal Anda, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda menemukan niche penulisan lepas yang tepat.

Postingan ini membahas esensi dari memilih niche penulisan dan niche dengan bayaran tertinggi yang harus diperhatikan pada tahun 2022. Ini juga menguraikan langkah-langkah yang akan memandu Anda dalam memilih niche penulisan dan beberapa ide untuk memulai.

* * * * *

Mengapa penulis merasa sulit untuk memilih niche menulis?

1. Pengalaman menulis konten yang tidak memadai

Banyak orang berjuang untuk memilih niche menulis karena mereka tidak memiliki pengalaman yang memadai dalam menulis konten. Jika Anda baru memulai sebagai penulis lepas, Anda mungkin tidak memiliki banyak karya yang diterbitkan atas nama Anda. Dan itu bisa menyulitkan untuk meyakinkan calon klien bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk suatu pekerjaan.

Penulis konten terbaik sering memulai karir mereka dengan menulis di niche yang berbeda sampai mereka menemukan yang cocok. Jadi apa niche penulisan konten terbaik untuk pemula? Bagaimana Anda bisa mendapatkan pengalaman di tempat pertama? Sebagai permulaan, cobalah menulis secara gratis di blog atau publikasi online.

2. Tidak mengetahui niche yang lebih menguntungkan untuk dipilih

Mungkin sulit untuk memilih niche penulisan ketika Anda memiliki sedikit atau tidak tahu sama sekali tentang potensi keuntungan. Kebanyakan orang menganjurkan menulis tentang hal-hal yang Anda sukai, tetapi gairah tidak selalu membayar tagihan. Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada ceruk penulisan yang lebih menguntungkan terkait dengan yang Anda pikirkan untuk dipilih.

Ada berbagai jenis niche dan industri lepas. Beberapa dari mereka mungkin memerlukan keterampilan atau pengetahuan yang lebih maju agar menguntungkan. Karena Anda hanya memiliki gagasan yang kabur tentang niche itu, Anda mungkin tidak tahu bagaimana memaksimalkan potensi penghasilan Anda saat Anda masuk.

3. Sifat menantang dalam mencari pekerjaan

Tantangan pencarian kerja ada di setiap sektor, dan industri lepas tidak terkecuali. Beberapa niche menulis lepas sangat kompetitif, sedangkan pekerjaan niche yang membayar dengan baik membutuhkan keterampilan yang kompleks atau pengalaman yang luas. Ada beberapa alasan mengapa tantangan pekerjaan berkontribusi pada perjuangan dalam memilih niche.

Banyak penulis bersaing untuk pekerjaan yang sama dan terkadang terbatas pada peluang di mana mereka tidak memiliki keterampilan atau pengalaman yang memadai. Karena menemukan pekerjaan yang tepat itu menantang, penulis harus teliti dalam memilih niche penulisan. Karena memilih yang salah berarti mereka akan berjuang untuk beralih nanti.

4. Persaingan di niche yang disukai

Persaingan dalam niche penulisan bisa menjadi hal yang baik atau buruk. Beberapa niche menulis lepas sangat kompetitif, dan dapat menjadi tantangan bagi pemula untuk menemukan pekerjaan niche yang membayar dengan baik. Sebaliknya, persaingan bisa rendah jika peran menulis membutuhkan keterampilan dan pengetahuan tambahan. Misalnya, penulis di niche copywriting perlu memahami psikologi pembeli dan menguasai serangkaian kata kunci yang memicu emosi pembeli.

Area seperti itu mungkin bukan niche penulisan konten terbaik untuk pemula karena mereka membutuhkan lebih banyak pelatihan dan pengalaman untuk pijakan di industri itu. Ada dua faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan daya saing niche:

  • Jumlah penulis mapan di niche itu
  • Ukuran pasar dari niche itu

5. Khawatir kehilangan niche lain

Memilih niche menulis bisa terasa seperti pernikahan - situasi "sampai kematian memisahkan kita". Beberapa penulis khawatir bahwa mereka mungkin membuat keputusan yang salah dan membuat spesialisasi yang tidak mereka inginkan. Pada saat yang sama, mereka merasa akan kehilangan klien atau proyek potensial jika mereka fokus pada topik tertentu.

Tidak apa-apa untuk merasa seperti ini. Kamu tidak sendiri. Banyak penulis pemula juga cemas memilih niche menulis karena mereka tidak tahu mana yang akan diminati di masa depan. Tapi jangan khawatir terjebak dalam kebiasaan. Cobalah niche yang berbeda dan ikuti apa yang Anda minati. Anda selalu dapat memilih spesialisasi yang lebih cocok di kemudian hari. Bagaimanapun, menulis konten memiliki salah satu kurva belajar yang paling mudah.

* * * * *

Apakah perlu memilih niche menulis?

Tidak ada satu jawaban yang cocok untuk semua pertanyaan ini karena ada pro dan kontra untuk menjadi penulis niche atau generalis. Sebagai seorang generalis, Anda dapat menulis tentang apa saja dan segalanya, yang memberi Anda banyak fleksibilitas. Anda juga memiliki berbagai peluang yang lebih komprehensif karena orang-orang dari semua lapisan masyarakat dapat memperoleh manfaat dari pekerjaan Anda.

Sebaliknya, menjadi penulis niche akan membantu Anda membangun kredibilitas dan kepercayaan, dan Anda akan memainkan permainan jangka panjang dengan baik. Orang yang mencari informasi spesifik akan lebih cenderung mempercayai Anda jika Anda ahli di bidang itu. Dan jika Anda fokus pada niche yang menarik minat Anda, akan lebih mudah untuk melakukan brainstorming ide dan membuat konten berkualitas dengan cepat.

* * * * *

Bisakah saya sukses tanpa memilih niche menulis?

Kemampuan Anda untuk memahami kebutuhan klien dan memberikan pekerjaan berkualitas tepat waktu membuat Anda sukses sebagai penulis lepas. Dan menjadi penulis umum dapat membantu Anda menjadi sukses karena Anda dapat dengan cepat beradaptasi dengan gaya dan genre penulisan yang berbeda. Jadi jawabannya adalah ya. Anda bisa sukses tanpa memilih niche menulis.

* * * * *

Bisakah saya sukses jika saya memilih niche penulisan tertentu?

Anda bisa sukses ketika memilih niche penulisan tertentu karena Anda bisa menjadi ahli di bidang itu. Menulis tentang topik yang sama berulang kali membantu mengasah keterampilan Anda dan memperluas pengetahuan Anda di bidang tertentu.

Dan jika publik melihat Anda sebagai otoritas, mereka secara otomatis menjadi audiens bawaan Anda, selalu menantikan apa yang Anda katakan. Klien potensial akan melihat Anda sebagai orang yang tepat untuk proyek mereka karena Anda tahu audiens target mereka di dalam dan luar.

* * * * *

Mana yang lebih baik: memilih niche menulis atau tidak memilih niche menulis?

Memilih niche lebih baik. Penulis niche cenderung lebih sukses daripada generalis karena mereka memiliki fokus laser pada audiens target mereka. Dan pendekatan ini adalah rahasia penulis konten top. Karena mereka memiliki keahlian yang terbukti di niche itu, calon klien akan mempercayai mereka dengan mudah dan bersedia membayar lebih.

Ketika Anda memilih niche menulis, Anda langsung membedakan diri Anda dari pesaing. Dan itu membuatnya lebih mudah untuk memasarkan diri Anda dan pekerjaan Anda.

* * * * *

Cara memilih niche menulis

1. Temukan apa yang Anda sukai

Sangat penting untuk menulis tentang apa yang Anda sukai. Ketika Anda bersemangat tentang suatu topik, itu terlihat dalam tulisan Anda. Pembaca Anda dapat mengatakan bahwa Anda bersemangat tentang topik tersebut, dan mereka akan ingin terus membaca. Misalnya, jika Anda seorang oenophile (pecinta anggur), Anda akan lebih baik menangani pekerjaan menulis anggur daripada menjelajahi ceruk penulisan lepas lainnya yang tidak sesuai dengan minat Anda.

Selain itu, memilih niche menulis sering berarti menulis topik yang sama berulang kali. Dan rutinitas ini bisa dengan cepat menjadi membosankan. Namun demikian, lebih mudah untuk tetap tertarik saat menulis tentang sesuatu yang Anda sukai.

2. Identifikasi kekuatan/bidang keahlian Anda

Mengidentifikasi bidang keahlian Anda sangat penting ketika memilih niche penulisan. Lagi pula, Anda ingin menulis tentang sesuatu yang Anda ketahui banyak. Bidang keahlian Anda membuat niche penulisan yang bagus karena Anda memiliki banyak pengetahuan untuk dibagikan.

Anda bergairah tentang topik dan dapat menulis dengan antusias. Selain itu, orang akan mempercayai saran Anda karena Anda ahli dalam topik tersebut. Tidak yakin dengan keahlian Anda? Tidak masalah. Berikut adalah empat langkah untuk membantu Anda mengidentifikasi bidang keahlian Anda.

  • Tanyakan pada diri Anda apa yang paling Anda ketahui.
  • Pikirkan tentang topik yang paling Anda sukai untuk didiskusikan dengan orang lain.
  • Pertimbangkan pengalaman profesional Anda.
  • Tanyakan kepada teman dan keluarga Anda tentang bidang keahlian Anda.

3. Identifikasi peluang atau celah dalam niche penulis pilihan Anda

Saat memutuskan niche penulisan, penting untuk mengidentifikasi celah atau peluang dalam niche itu. Dengan begitu, Anda akan tahu jenis konten apa yang perlu Anda tulis untuk menargetkan audiens Anda dengan lebih baik. Selain itu, ini dapat membantu Anda menonjol dari kompetisi dan menempatkan Anda pada posisi di mana Anda menghasilkan ide-ide baru dan orisinal.

Ini adalah rahasia penulis konten top. Dan bagian terbaiknya adalah menerapkan pendekatan yang sama dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan khusus yang membayar dengan baik. Salah satu cara untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam pilihan Anda adalah dengan memantau tren di ruang itu. Ikuti orang dan perusahaan berpengaruh di industri itu, dan ikuti pembaruan dari situs web dan blog otoritatif di niche itu.

4. Bangun keterampilan Anda untuk memanfaatkan kesenjangan pasar

Setelah Anda menemukan niche yang kurang terlayani yang ingin Anda isi, Anda harus mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan oleh bidang tersebut. Berbagai jenis niche membutuhkan keterampilan yang unik. Misalnya, penulis di bidang kesehatan membutuhkan pemahaman yang kuat tentang pencarian literatur dan integritas data. Sebaliknya, penulis real estat mendapat manfaat lebih banyak dari mempelajari cara memasukkan storytelling di blog atau iklan listing properti.

Ketika Anda menemukan keterampilan yang Anda butuhkan untuk menjadi lebih relevan dan kompetitif di niche Anda, manfaatkan sumber daya online untuk mempelajari keterampilan tersebut. Sumber daya ini dapat berupa video tutorial, ebook, atau lokakarya. Coursera dan Udemy adalah platform paling populer untuk menemukan banyak sumber belajar.

5. Siapkan sampel pekerjaan yang terkait dengan niche penulisan ini

Selanjutnya, siapkan beberapa contoh pekerjaan yang terkait dengan niche tulisan pilihan Anda. Calon klien ingin melihat bukti bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan, jadi pastikan sampel Anda mewakili karya terbaik Anda. Portofolio Anda memberi mereka ide bagus tentang kemampuan Anda.

Baca Juga : 5 Situs Web untuk Membangun Portofolio Penulis Gratis

Selain itu, sampel pekerjaan Anda menunjukkan gaya penulisan Anda. Setiap penulis memiliki gaya yang unik, dan calon klien ingin memastikan bahwa mereka akan mendapatkan apa yang mereka cari dalam hal nada dan pendekatan. Ini sangat umum jika klien telah membuat konten untuk merek mereka sebelum bertemu dengan Anda.

6. Pitch niche penulis pilihan Anda, bersosialisasi, dan beri tahu dunia

Sekarang Anda telah melakukan semua pekerjaan di belakang panggung, saatnya untuk mempublikasikan apa yang Anda lakukan. Tawarkan layanan Anda kepada calon klien tanpa henti. Tapi bagaimana Anda mengidentifikasi calon klien Anda?

Anda perlu memikirkan perusahaan atau industri yang akan mendapat manfaat dari apa yang Anda tawarkan. Misalnya, penulis real estat lebih baik menargetkan layanan mereka kepada agen penjual, manajer properti, dan perusahaan investasi real estat. Pada saat yang sama, orang-orang di ceruk copywriting dapat memilih untuk menargetkan pengusaha e-niaga untuk membantu mereka menyusun salinan penjualan dan buletin email.

Ada beberapa cara untuk menyampaikan ide Anda. Salah satunya melalui media sosial. Atau, kirim email dingin ke klien potensial. Anda biasanya akan menemukan email mereka di bagian "hubungi kami" di situs web mereka. Saat mengirim penawaran, pastikan untuk mempersonalisasikannya.

Terakhir, jangan meremehkan kekuatan jaringan dengan penulis lepas lainnya. Dengan terhubung dengan mereka di media sosial, Anda dapat belajar dari pengalaman mereka dan menghindari kesalahan yang sama yang mereka buat sebelumnya. Anda juga akan membangun hubungan yang dapat mengarah pada usaha patungan atau kolaborasi.

* * * * *

Apa niche penulisan freelance paling menguntungkan di tahun 2022?

Penulis dapat memilih ceruk dari beberapa ceruk penulisan yang menguntungkan di berbagai industri. Beberapa ceruk penulisan yang paling bermanfaat yang harus dijelajahi oleh penulis pada tahun 2022 adalah sebagai berikut:

Niche penulisan umum

1. Penulis teknologi

Penulis teknologi membantu pembaca memahami manfaat produk teknologi atau solusi berbasis teknologi. Para penulis ini harus memahami proses kerja teknologi dan menjelaskannya kepada pembaca secara relatable, tanpa istilah atau jargon teknis.

Industri teknologi sangat luas. Jadi, penulis teknologi memiliki banyak peluang. Mereka dapat mencoba ceruk yang sedang tren seperti komputasi kuantum, blockchain, dan genomik.

2. Penulis SEO

Seorang penulis niche SEO menulis dan mengoptimalkan konten untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari. Untuk menjadi penulis SEO yang hebat, Anda harus memahami bagaimana mesin pencari memilih konten untuk diberi peringkat. Dan ini biasanya mencakup berbagai praktik, termasuk penelitian dan penempatan kata kunci, pembuatan tautan, dan analisis maksud pencarian.

Penulisan SEO adalah salah satu niche dengan bayaran tertinggi karena setiap bisnis dengan kehadiran online ingin mendapatkan lebih banyak eksposur melalui mesin pencari, yang menyumbang 50 persen dari total lalu lintas web.

3. Penulis e-Commerce

Tujuan utama penulis e-niaga adalah mendorong lebih banyak penjualan melalui pemasaran dan salinan penjualan yang efektif. Salinan ini dapat mencakup halaman kategori, deskripsi produk, penawaran promo, dan halaman arahan.

Penulisan e-commerce adalah salah satu ceruk copywriting yang paling menguntungkan karena pekerjaan mereka berperan penting dalam mendorong penjualan. Berhentilah sejenak dan pikirkan berapa banyak pemilik produk bersedia membayar untuk salinan yang dapat membantu mereka berulang kali menjual produk mahal mereka. Untuk menjadi penulis e-commerce yang sukses, Anda harus memahami psikologi pembeli .

4. Penulis teknis

Seorang penulis teknis menyaring topik kompleks ke dalam bahasa sederhana untuk memungkinkan audiens target bisnis memahami konsep atau cara menggunakan produk tanpa memerlukan pengalaman mendalam.

Contoh karya penulis teknis termasuk artikel jurnal, instruksi operasi, dan manual teknis dan instruksional. Niche penulisan lepas ini membutuhkan penelitian dan keterampilan analitis yang sangat baik.

Untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif, penulis teknis pertama-tama harus menentukan kebutuhan pengguna dan mempelajari sampel produk untuk melihat bagaimana mereka memecahkan masalah pengguna. Pendekatan ini berarti mereka harus bekerja sama dengan desainer dan pengembang produk.

5. Ghostwriters

Ghostwriters menjual tulisan mereka kepada klien di samping kredit dari karya tertulis. Ini adalah niche penulisan lepas yang luas karena kiriman berkisar dari ebook dan artikel hingga pidato publik dan proposal buku.

Ghostwriting melibatkan pekerjaan tertulis apa pun, selama penulis kehilangan hak intelektual mereka untuk pekerjaan itu. Karena ghostwriting sangat luas, sebagian besar penulis mempersempit niche mereka — misalnya, ghostwriter fiksi atau ghostwriter non-fiksi. Dalam ghostwriting, menulis teks hanyalah setengah dari pekerjaan. Penulis harus sering menyesuaikan gaya dan nada mereka untuk berbaur dengan klien mereka.

Niche penulisan khusus

1. Penulis SaaS B2B

Penulis SaaS B2B membantu merek memasarkan solusi perangkat lunak mereka melalui konten tertulis. Seiring bisnis memindahkan lebih banyak operasi mereka secara online, kebutuhan akan penulis yang dapat membuat salinan persuasif untuk produk SaaS akan terus berkembang.

Penulis SaaS sering bertanggung jawab untuk menulis posting blog, studi kasus, kertas putih, posting media sosial, salinan iklan, dan banyak lagi.

2. Penulis kesehatan mental

Dengan kesehatan mental menjadi masalah yang lebih mendesak di masyarakat, ada peningkatan permintaan untuk penulis yang dapat membuat konten yang membantu orang memahami dan menangani masalah kesehatan mental mereka.

Spesialisasi penulisan ini berada di bawah relung kesehatan. Penulis konten terbaik di niche ini biasanya menulis untuk praktisi kesehatan mental, majalah online, dan publikasi cetak. Beberapa topik untuk ditulis di bidang ini meliputi gangguan kecemasan, kesehatan perilaku, manajemen nyeri, penyakit mental, perkembangan psikologis, dan banyak lagi.

3. Penulis kebugaran

Industri kebugaran selalu hijau. Seiring dengan semakin banyaknya orang yang beralih ke gaya hidup sedentary atau melakukan pekerjaan jarak jauh, kebutuhan akan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan pun meningkat drastis. Demikian juga, ada banyak kebutuhan akan penulis yang dapat membuat konten yang menarik dan informatif tentang kebugaran dan kesehatan.

Penulis kebugaran dapat memperoleh peran menulis yang menguntungkan dengan instruktur kebugaran, hujan rumah pribadi, blogger kebugaran, dan host podcast kesehatan. Kebugaran adalah niche yang mudah untuk dimasuki karena itu adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Ini menjadikannya salah satu niche penulisan konten terbaik untuk pemula.

4. Penulis crypto

Seiring dengan semakin populernya cryptocurrency, kebutuhan akan penulis yang dapat menjelaskannya dalam bahasa sederhana akan terus bertambah. Orang-orang selalu ingin memperluas keuangan mereka melalui investasi, dan cryptocurrency menawarkan kesempatan itu.

Namun tidak banyak orang yang memahami bagaimana teknologi ini bekerja. Mereka akan membutuhkan lebih banyak pencerahan untuk memutuskan apakah akan berinvestasi dalam cryptocurrency. Selain menjadi sumber pendapatan pasif bagi para pedagang dan investor, cryptocurrency bertujuan untuk berinovasi dalam beberapa proses tradisional. Namun tidak banyak orang yang memahami cara kerjanya. Jadi, seorang penulis kripto akan tetap sangat diperlukan selama beberapa tahun mendatang.

5. Penulis deskripsi produk

Di dunia di mana pembeli online terus-menerus dibanjiri dengan pilihan, deskripsi produk yang baik dapat menjadi pembeda antara penjualan dan tidak ada penjualan. Di situlah penulis lepas berguna. Menurut WP Forms, ada sekitar 12 hingga 24 juta toko e-commerce di seluruh dunia. Ini berarti peluang tak terbatas bagi penulis deskripsi produk.

6. Penulis Skrip YouTube

Skrip YouTube berisi kalimat-kalimat yang digunakan dalam sebuah video. Penulisan ini membantu meningkatkan kesederhanaan dan kelengkapan konten video, terutama jika video tersebut panjang atau disajikan dalam bahasa minoritas.

Selain membantu pemahaman, skrip YouTube membantu SEO, dan itu adalah satu hal yang diinginkan setiap pembuat konten YouTube — lebih banyak eksposur untuk konten mereka.

* * * * *

Kesimpulan

Sekarang setelah Anda belajar bagaimana menemukan niche menulis ideal Anda, saatnya untuk mengambil tindakan. Pelajari langkah-langkahnya sekali lagi dan terapkan dengan cepat. Satu hal yang perlu diingat adalah persaingan yang Anda hadapi.

Tanyakan pada diri Anda: apa yang dapat Anda berikan yang tidak ditawarkan orang lain? Mengidentifikasi peluang ini adalah kunci sukses karena akan membantu Anda menonjol dari persaingan. Dan ketika Anda dapat memberikan nilai yang tidak dapat diberikan orang lain, Anda akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk menarik klien bergaji tinggi dan menjual layanan Anda.

Jadi itulah Cara Memilih Niche Menulis, saya harap ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda, jangan lupa share pada teman Anda yang sekiranya membutuhkan artikel ini. Sekian dari saya, semoga beruntung dan Salam!

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.