ikuti Young di Google News

Apa Itu Search Enginge Marketing? Kapan dan Bagaimana Menggunakanya

Pada Artikel kali ini saya akam membahas sedikit penjelasan tentang Apa itu Search Engine Marketing, Kapan dan Bagaimana Menggunakanya Untuk bisnis.
Apa Itu Search Enginge Marketing? Kapan dan Bagaimana Menggunakanya

Hello World! Pada Artikel kali ini saya akam membahas sedikit penjelasan tentang Apa itu Search Engine Marketing. Jadi Semoga kalian bisa memahaminya apa yang saya jelaskan. Oke Langsung saja hehe.

Ketika Google meluncurkan AdWords pada 23 Oktober 2000, itu mengubah segalanya bagi pemasar. Merek menghabiskan jutaan dolar untuk meyakinkan seseorang agar menginginkan sesuatu. Dengan iklan berbasis penelusuran AdWords, mereka tidak perlu—mereka cukup menayangkan iklan mereka kepada orang-orang yang sudah menelusuri produk seperti milik mereka. 

Jika Anda menjual sepatu tenis, Anda cukup menayangkan iklan kepada orang yang mencari sepatu tenis, dan hanya membayar bila seseorang mengeklik iklan Anda. Search Engine Marketing (Search Engine Marketing) lahir.

Search Engine Marketing telah berkembang jauh sejak tahun 2000 (dan sekarang menjadi Google Ads, bukan AdWords), tetapi dasarnya sama. Ini tetap menjadi saluran pemasaran yang luar biasa untuk banyak merek. 

* * * * *

Apa itu Search Engine Marketing?

Seperti banyak istilah dalam pemasaran digital , istilah Search Engine Marketing (sering disingkat Search Engine Marketing) dapat sedikit membingungkan bagi yang belum tahu. Sederhananya, Search Engine Marketing mengacu pada membayar untuk iklan di mesin pencari. 

Perbedaan yang paling penting adalah bahwa Search Engine Marketing berbeda dari optimasi mesin pencari (SEO) . Ada dua cara untuk menjangkau pelanggan Anda di mesin telusur (kami akan menggunakan Google sebagai contoh, tetapi bisa juga mesin telusur apa pun, seperti Bing):

  • Search Engine Marketing mengacu pada iklan di Google. 
  • SEO mengacu pada memperbarui situs web Anda agar muncul di hasil pencarian Google secara alami, atau “secara organik”—artinya Anda tidak membayar untuk penempatan itu. 

Search Engine Marketing dapat menampilkan iklan Anda dalam hasil secara instan, karena Anda pada dasarnya membayar untuk penempatan di halaman hasil pencarian Google. Upaya SEO, sebaliknya, dapat memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum Anda muncul dalam pencarian yang ditargetkan.

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa SEO dan Search Engine Marketing saling tumpang tindih. Menjalankan kampanye Search Engine Marketing tidak ada hubungannya dengan SEO Anda dan sebaliknya.

* * * * *

Terminologi Key Search Engine Marketing

Search Engine Marketing didasarkan pada beberapa prinsip utama:

Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP). 

Ini adalah halaman hasil pencarian yang muncul ketika Anda mencari sesuatu di Google. SERP mencakup hasil pencarian berbayar (Search Engine Marketing) dan organik (SEO) .

Keyword (KW). 

Keyword adalah cara Anda memberi tahu Google istilah penelusuran mana (apa yang sebenarnya diketik seseorang ke Google) yang harus memicu iklan Anda. Di Search Engine Marketing, Keyword dapat berupa Keyword pencocokan tepat yang sangat spesifik (tampilkan iklan saya hanya jika seseorang mengetik “sepatu tenis ukuran 12 hijau atletik”) atau Keyword pencocokan luas yang lebih umum (tampilkan iklan saya ketika seseorang mengetikkan frasa apa pun yang menyertakan “sepatu tenis”) . 

Search Engine Marketingentara Keyword “biasa” menargetkan istilah penelusuran , Keyword negatif mengecualikan istilah penelusuran. Misalnya, banyak pengiklan menambahkan gratis ke kampanye iklan mereka sebagai Keyword negatif , yang berarti iklan mereka tidak akan muncul di penelusuran untuk “sepatu tenis gratis”.

Bayar Per Klik (PPC). 

Bayar per klik adalah model bisnis dasar untuk sebagian besar iklan pencarian. Ini adalah bagian dari proposisi nilai unik Google yang menarik saat meluncurkan AdWords—Anda hanya membayar bila seseorang mengeklik iklan Anda. 

Kampanye Search Engine Marketing modern tidak selalu ditagih per klik, tetapi tetap merupakan konsep industri yang penting, dan beberapa orang masih menyebut pemasaran mesin telusur sebagai iklan PPC atau pemasaran PPC. 

* * * * *

Bagaimana cara kerja Search Engine Marketing?

Produk Google AdWords sebenarnya menciptakan dua revolusi dalam pemasaran: penargetan maksud pencarian dan periklanan berbasis lelang . Untuk memahami cara kerja Search Engine Marketing, Anda perlu memahami dua kerangka kerja ini:

Search intent targeting

Saat pemasar membuat kampanye Search Engine Marketing, titik awalnya adalah maksud pencarian . Ini berarti mendefinisikan dua hal penting:

  1. Apa yang dicari oleh calon pelanggan/ pengguna kami ?
  2. Seberapa dekat mereka untuk membeli sesuatu?

Misalnya, penelusuran seperti "cara menyenangkan untuk berolahraga di luar" menunjukkan bahwa pengguna pada akhirnya mungkin membeli sepatu tenis tetapi belum tentu ada di pasar untuk sepatu tersebut pada saat melakukan penelusuran. 

Maksud pencarian di sini adalah untuk berolahraga dan berpotensi menggunakan sepatu tenis, tetapi tidak untuk membelinya. Namun, penelusuran seperti “sepatu tenis terbaik untuk kaki Search Engine Marketingpit ukuran 10” menunjukkan bahwa pengguna lebih dekat untuk melakukan pembelian karena kekhususan penelusuran mereka. Ini dianggap sebagai pencarian "niat pencarian tinggi" untuk membeli sepatu tenis.

Pemasar Search Engine Marketing biasanya membuat kampanye mereka untuk menargetkan maksud pencarian setinggi mungkin dengan membuat grup iklan yang menargetkan istilah "bermerek" (merek mereka sendiri atau pesaing mereka, seperti "sepatu tenis Nike") atau "tidak bermerek" yang sangat spesifik (terkadang disebut " nonbranded") mencari produk atau layanan mereka (misalnya, "sepatu tenis atletik").

Auction-based advertising

Revolusi kedua Google adalah sistem penawaran berbasis lelang. Dalam periklanan reguler, perusahaan menetapkan kartu tarif untuk ruang iklannya (misalnya, $10.000 untuk menjalankan iklan 30 detik di acara TV), dan pengiklan membeli ruang iklan tersebut. 

Dengan Google, ada miliaran ruang iklan yang berbeda (Google memproses lebih dari 5 miliar penelusuran per hari ), masing-masing dengan maksud dan jumlah pengguna yang menelusurinya per bulan, sehingga mereka tidak dapat hanya menetapkan tarif tunggal untuk hasil penelusuran.

Sebaliknya, Google menciptakan sistem berbasis lelang. Setiap kali penelusuran terjadi di Google, mereka menjalankan lelang iklan waktu-nyata dan “menghadiahkan” setiap ruang iklan pada penelusuran itu kepada pengiklan berdasarkan hasil lelang.

Tidak seperti lelang biasa, itu tidak hanya diberikan kepada penawar tertinggi. Ini diberikan kepada kombinasi dari tawaran per klik tertinggi dan " Skor Kualitas ", metrik milik Google untuk mengevaluasi kualitas iklan (mesin pencari lain memiliki metrik serupa).

Angka Mutu iklan ditentukan oleh berbagai faktor : 

  • Taksiran rasio klik-tayang (RKT): Apakah pengguna akan mengeklik iklan saat ditampilkan?
  • Relevansi: Seberapa cocok iklan Anda dengan maksud penelusuran tertentu?
  • Halaman arahan iklan: Seberapa berguna halaman arahan Anda setelah pengguna mengklik iklan Anda?

Singkatnya, Google menilai "cocok" iklan Anda bagi pengguna, seperti juru lelang lukisan yang memutuskan untuk menghadiahkan lukisan itu kepada penawar yang rumahnya menurut mereka akan terlihat paling bagus. 

Sebagian besar tugas pemasar Search Engine Marketing adalah mencapai Skor Kualitas tinggi (dan biaya per klik rendah) pada Keyword dengan maksud tinggi, dengan membuat salinan iklan yang menarik dan halaman arahan yang cocok dengan Keyword.

* * * * *

Kapan Search Engine Marketing tepat untuk bisnis Anda?

Ada dua faktor untuk membantu Anda memahami apakah Search Engine Marketing tepat untuk bisnis Anda:

  • Ketika Anda menemukan produk/pasar/pesan Anda cocok. Skor Kualitas Anda menentukan berapa banyak Anda membayar per klik. Skor yang baik tergantung pada salinan iklan yang beresonansi dengan pencari target Anda.  Agar sukses dengan Search Engine Marketing, Anda perlu memahami siapa pasar Anda ( product/market fit ) dan apa yang beresonansi dengan mereka (market/messaging fit). Jika Anda belum menentukannya secara akurat, Google dapat memberi Anda Angka Mutu yang rendah , yang berarti Anda akan dikenakan biaya lebih untuk iklan, dan akan sulit untuk berhasil.

  • Saat Anda menangkap kategori alih-alih membuatnya. Search Engine Marketing bergantung pada pencarian niat tinggi, yang berarti orang perlu mencari jenis produk atau layanan Anda. Jika Anda menjual sepatu tenis, itu tidak masalah—di AS, ada 135.000 penelusuran untuk "sepatu tenis" setiap bulan. 

Jika produk Anda membuat kategori baru, seperti sepatu tenis hibrida/sandal nyaman, orang belum menelusurinya, sehingga akan jauh lebih sulit untuk menentukan Keyword yang tepat untuk ditargetkan. 

Anda dapat menciptakan kesadaran kategori melalui jenis pemasaran lain, kemudian menjalankan kampanye Search Engine Marketing setelah pasar lebih mengetahui produk Anda. Anda dapat melakukan riset sendiri tentang kueri penelusuran di industri Anda menggunakan Google’s Keyword Planner.

* * * * *

Ringkasan

Search Engine Marketing adalah salah satu jenis pemasaran kinerja yang paling kuat — ada alasan mengapa pengiklan menghabiskan hampir $150 miliar per tahun dengan Google. Namun bukan hanya penargetan Keyword yang membuatnya kuat—ini adalah kombinasi dari model bayar per klik yang inovatif, niat penelusuran yang tinggi, dan penawaran berbasis lelang.

 Dengan memahami prinsip-prinsip ini, pemasar dan pemilik bisnis dapat mulai menjangkau calon pelanggan mereka tepat saat mereka siap untuk membeli.

Jadi itulah sedikit pemahaman tentang Search Engine Marketing, semoga bisa membantu kalian dalam memahami apa itu SEM, kapan harus menggunakan SEM untuk bisni dan lain sebagainya. Saya akhiri semoga bermanfaat, semoga beruntung dan Salam!

About the Author

Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar

Cookie Consent
Young serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
Young detect it seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Young have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.