10 Layanan CDN Gratis Terbaik untuk Mempercepat Situs WordPress Anda

10 Layanan CDN Gratis Terbaik untuk Mempercepat Situs WordPress Anda

Content Delivery Network - Mengakses situs web, tetapi memuat terlalu lama. Setelah beberapa detik, Anda keluar dari halaman dan mencari opsi lain di halaman hasil mesin pencari. Rasio pentalan yang tinggi dan SEO yang buruk tidak harus menjadi takdir Anda sebagai pemilik situs web. Kurangi kecepatan lambat sejak awal dengan menggunakan Content Delivery Network (atau CDN).

CDN menyimpan konten statis situs Anda di server di seluruh dunia, lalu merender file ke pengunjung situs web dari server yang paling dekat dengan mereka. Akibatnya, JavaScript, gambar, dan video dimuat lebih cepat di bagian depan situs web Anda.

Biasanya, jika Anda menggunakan software CMS, sebagian besar platform menyediakan CDN bawaan yang akan menangani proses ini. Namun, jika Anda menggunakan platform seperti Wordpress, Anda harus menggunakan salah satu layanan CDN ini untuk membantu mempercepat situs Anda.

Dalam posting ini, kami akan membahas fitur teratas yang harus Anda cari di CDN, lalu membahas layanan CDN gratis terbaik untuk WordPress.

* * * * * 

Manfaat CDN untuk WordPress

CDN gratis harus menawarkan fungsionalitas penting yang mempercepat situs WordPress Anda — tanpa mengharuskan Anda mengupgrade ke paket berbayar. Perhatikan fitur-fitur berikut:

1. Jaringan server global

Manfaat utama dari jaringan pengiriman konten adalah ia menyimpan file situs web statis Anda di server yang lebih dekat dengan pengguna akhir. Jika jaringan servernya tidak global, maka itu tidak memenuhi tujuan ini

2. Kemampuan caching

Sebagian besar layanan CDN akan menawarkan caching situs web otomatis. Ini berarti bahwa salinan situs web Anda akan disimpan sementara di browser pengguna akhir. Dengan begitu, situs Anda dimuat lebih cepat setiap kali mereka mengunjunginya.

3. Pengoptimalan gambar dan video

Layanan CDN Anda harus menyertakan kemampuan pengoptimalan gambar dan video yang mengurangi waktu buka situs web Anda, dan mengirimkan konten yang disematkan lebih cepat ke pengguna akhir.

4. Minifikasi kode CSS, JavaScript, dan HTML

CDN juga harus meminimalkan hal-hal asing kode yang tidak digunakan secara aktif oleh situs Anda.

* * * * *

10 Conten Delivery Network Terbaik

Layanan CDN berbayar menawarkan lebih banyak fungsi, termasuk kecepatan halaman seluler yang dipercepat dan analitik tingkat lanjut. Tetapi membeli layanan CDN berbayar mungkin tidak dapat dilakukan, terutama jika Anda seorang blogger baru yang berusaha menjaga biaya tetap rendah.

Untungnya, ada sejumlah layanan CDN gratis yang dapat membantu Anda mempercepat situs WordPress Anda.

* * * * *

Cloudflare adalah layanan CDN gratis yang dapat Anda gunakan dengan mudah untuk situs WordPress Anda. Saat Anda menggunakan fitur pengoptimalan platform otomatis (APO), situs web Anda akan dikirimkan ke pengguna akhir melalui jaringan server globalnya, sehingga mempercepat waktu pemuatan pengunjung.

Cloudflare secara otomatis men-cache situs web Anda, lalu menghapus versi yang di-cache setelah Anda memperbarui gambar, teks, atau konten lain di situs. Plugin WordPress yang mudah digunakan ini dapat dikelola langsung dari dasbor WordPress Anda, dan jika Anda lebih suka mengaktifkannya dengan mudah tanpa penyesuaian lebih lanjut, Anda dapat menerapkan setelan default dengan satu klik dan biarkan plugin melakukan sisanya.

Anda juga dapat melihat metrik kinerja yang menunjukkan kepada Anda berapa banyak pengguna yang telah mengunjungi situs Anda, berapa banyak bandwidth yang Anda hemat, dan berapa banyak ancaman yang telah diblokir oleh layanan.

Layanan CDN ini cocok untuk: Pemilik situs web lama dengan toko online atau blog mapan yang dapat memanfaatkan paket berbayar Cloudflare di kemudian hari. Jika Anda menerima informasi pribadi pengguna, Anda juga ingin mempertimbangkan CDN ini karena penekanannya pada mitigasi serangan keamanan.

* * * * *

2. Jetpack Site Accelerator CDN

Jetpack adalah plugin WordPress yang menawarkan fungsionalitas keamanan, pencadangan, dan kecepatan. Itu juga dilengkapi dengan layanan CDN (disebut "Akselerator Situs") yang mengurangi waktu buka situs web Anda.

Selain memungkinkan Anda untuk mencadangkan, mengkloning, dan memigrasikan situs Anda secara rutin, Jetpack secara otomatis mengoptimalkan gambar Anda, menyimpan file CSS dan JS Anda di jaringan server globalnya, dan menghosting konten video Anda di server mereka secara gratis. Dengan begitu, rekomendasi dan iklan YouTube tidak menutupi konten video Anda.

Satu-satunya kelemahan plugin ini adalah tidak menawarkan kemampuan caching bawaan. Jetpack secara khusus merekomendasikan plugin WP Super Cache untuk meng-cache file situs web Anda.

Secara keseluruhan, layanan ini sangat mudah digunakan. Untuk mengaktifkannya, kunjungi dasbor Jetpack Anda, klik Pengaturan, buka Kinerja, dan alihkan opsi "Aktifkan akselerator situs".

Layanan CDN ini cocok untuk: Pemilik situs baru dengan situs web kecil atau sedang berkembang. JetPack secara otomatis dilengkapi dengan beberapa penyedia hosting WordPress, menjadikannya opsi yang mudah digunakan bagi mereka yang baru memulai situs baru

* * * * *

3. SmartVideo CDN

Dibuat oleh Swarmify, SmartVideo adalah layanan CDN gratis yang memungkinkan Anda menyematkan video di situs Anda tanpa harus bergantung pada kode sematan YouTube. CDN ini unik karena secara khusus berfokus pada video — jadi jika Anda seorang pembuat konten, pendidik, atau vlogger, Anda pasti ingin menempatkan CDN ini di bagian atas daftar Anda.

Dengan CDN ini, Anda dapat memberikan pemutaran bebas buffer kepada pengguna, mengonversi kode embed YouTube dan Vimeo menjadi video SmartVideo, dan menambahkan warna dan merek Anda ke pemutar video. Ini kompatibel dengan berbagai pembuat halaman WordPress, termasuk Divi, Elementor, Beaver Builder, dan editor blok Gutenberg asli WordPress.

Fokus plugin ini pada konten video berarti Anda tidak akan menikmati banyak fitur tambahan. Caching, pengoptimalan gambar, dan minifikasi JS dan CSS semuanya perlu dilakukan dengan plugin tambahan.

Layanan CDN ini cocok untuk: Pemilik situs web baru atau mapan yang terutama memublikasikan konten video (tutorial, kursus, catatan perjalanan, vlog, dan lainnya). Konten video dapat memperlambat situs Anda secara signifikan, tetapi pemutar video ringan CDN ini akan memastikan hal itu tidak terjadi. Pemain juga dengan mudah mengecualikan konten yang mengganggu seperti iklan dan rekomendasi.

* * * * *

4. W3 Total Cache CDN

W3 Total Cache adalah plugin cache yang juga menawarkan layanan CDN. Plugin ini terintegrasi dengan Perpustakaan Media dan file tema Anda, memungkinkannya memuat dari salah satu server globalnya.

Plugin ini mendukung situs terenkripsi Accelerated Mobile Pages (AMPs) dan Secure Socket Layer (SSL). Ini menawarkan berbagai macam metode caching, termasuk metode "Disk lokal, Redis, Memcached, APC, APCu, eAccelerator, XCache, dan WinCache". Tim dukungannya juga aktif, jadi jika Anda memiliki fitur baru untuk disarankan atau masalah yang harus dipecahkan, Anda akan mendapat tanggapan dalam satu hingga tiga hari.

Layanan CDN ini cocok untuk: Pemilik situs web baru atau mapan yang menginginkan solusi lengkap dengan penyesuaian ekstensif. Meskipun CDN-nya bukan fokus utamanya, ini dapat membantu Anda mempercepat situs Anda dalam banyak cara dengan menawarkan opsi minifikasi kode dan caching yang ekstensif.

* * * * *

5. LiteSpeed Cache CDN

LiteSpeed ​​Cache adalah layanan CDN gratis lainnya untuk situs web Anda. Ini menyediakan fitur pengoptimalan gambar, secara otomatis membuat cache halaman Anda, dan mengecilkan kode CSS, JS, dan HTML, meningkatkan kecepatan pemuatan situs Anda.

Selain itu, Anda dapat dengan malas memuat gambar dan iframe, dan Anda dapat memuat CSS dan JavaScript secara asinkron menggunakan jaringan servernya sehingga hanya kode yang paling penting yang dirender di sisi pengguna akhir.

Layanan CDN ini cocok untuk: Pemilik situs web mapan yang menjalankan multisitus WordPress atau toko online. Plugin ini kompatibel dengan WooCommerce, plugin e-niaga populer. Beberapa plugin cache dapat mengganggu fungsionalitas plugin lain, itulah sebabnya penting untuk berhati-hati saat menginstal plugin WordPress ini.

* * * * *

6. Shift8 CDN

Shift8 CDN adalah plugin CDN yang mengirimkan file situs web Anda menggunakan jaringan server globalnya. Meskipun proses penyiapannya bisa rumit (Anda perlu mendaftar di situs web mereka dan memasang plugin melalui WordPress), ini adalah salah satu opsi terbaik dalam daftar ini karena memublikasikan lokasi server mereka.

Shift8 CDN secara konsisten menambahkan titik akhir baru, memperluas jangkauan situs Anda. Semua aset statis — seperti gambar, video, file font, dan kode situs web Anda — disimpan di jaringan server mereka.

Layanan CDN ini sangat cocok untuk: Pemilik situs web mapan yang melacak lalu lintas WordPress mereka dan mengetahui dari mana kebanyakan orang mengunjungi. Karena plugin ini menerbitkan lokasi servernya, Anda dapat mempertimbangkannya dan mengetahui bahwa pengguna di dekat lokasi tersebut akan memiliki pengalaman yang mulus.

* * * * *

7. Optimole CDN

Optimole adalah plugin yang dengan mudah memberikan gambar berkualitas tinggi dengan ukuran yang sesuai untuk semua perangkat, yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan pemuatan situs Anda. Gambar dan video sering kali dapat memperlambat waktu pemuatan halaman jika tidak dioptimalkan. Optimole menghilangkan dugaan dari proses ini dengan mengotomatiskannya sepenuhnya.

Meskipun Optimole secara teknis bukan CDN, mereka menyediakan akses gratis ke AWS CloudFront CDN, yang memungkinkan penggunanya mendapatkan dua solusi dalam satu layanan. Tingkat gratis dan berbayar dapat memanfaatkan lokasi server global CouldFront.

Meskipun ini adalah alat yang hebat untuk pengoptimalan gambar, itu tidak mencegah serangan cyber dan DDoS (Distributed Denial of Service). Mereka yang peduli dengan keamanan mungkin ingin mempertimbangkan untuk melengkapi layanan lain.

Layanan CDN ini sangat cocok untuk: Situs web yang berat gambar dan pemilik situs web yang mencari layanan CDN terpadu dan pengoptimalan gambar. Gambar besar benar-benar dapat memperlambat waktu buka situs Anda. Optimole menghilangkan kerumitan ini dengan mengotomatiskan proses ini.

* * * * *

8. CommonWP CDN

CommonWP adalah plugin WordPress yang menggunakan CDN publik gratis (melalui JsDelivr) untuk file CSS dan Javascript open source. Plugin ini meningkatkan kecepatan dengan mengambil sebagian besar file open source yang digunakan oleh situs Wordpress dan mendistribusikannya dari lokasi pusat (daripada harus mengunduh file yang sama berulang kali ketika Anda sudah memilikinya di cache browser Anda).

Dengan plugin ini tidak ada pengaturan bagi pengguna untuk dikonfigurasi, meskipun pengembang dapat membuat beberapa penyesuaian sesuai dengan kebutuhan mereka. Cukup instal plugin dan itu akan mengisi cache di latar belakang setelah diaktifkan.

Karena menggunakan JsDelivr, pengguna CommonWP juga mendapat manfaat dari tidak adanya batasan bandwidth, keamanan tambahan, ratusan titik kehadiran secara global, dan jaringan dengan lisensi ICP yang valid — artinya situs akan berfungsi di China.

Layanan CDN ini cocok untuk: Pemilik situs baru dengan anggaran terbatas yang menginginkan layanan CDN yang sederhana namun aman.

* * * * *

9. Amazon AWS CDN

Dibangun oleh WPAdmin, Amazon AWS CDN adalah plugin CDN yang menyimpan file situs Anda di jaringan AWS CloudFront Amazon. Amazon memiliki lebih dari 200 server di seluruh dunia, memastikan bahwa konten statis Anda dikirimkan dengan cepat ke pengguna akhir di mana pun mereka berada.

Plugin ini gratis untuk diunduh, tetapi dikenakan biaya untuk menggunakan layanan AWS. CloudFront memiliki tingkat gratis 12 bulan yang murah hati bagi mereka yang ingin mengujinya. Pengguna mendapatkan hingga 2.000.000 permintaan HTTP atau HTTPS per bulan, ditambah 2.000.000 pemanggilan fungsi CloudFront setiap bulan.

Dengan plugin ini, Anda dapat terhubung dengan mulus ke jaringan ini — yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar ke akun AWS. Anda kemudian dapat mengelola aktivasi CloudFront Anda menggunakan plugin ini. Satu-satunya kelemahan adalah kurang ramah pengguna. Anda harus memiliki pengalaman dengan AWS atau bersedia membaca dokumentasi CloudFront Amazon dan plugin.

Layanan CDN ini cocok untuk: Pemilik situs web mapan yang memiliki pengalaman dengan AWS, atau yang nyaman mempelajari platform.

* * * * *

10. Google Cloud CDN

Cloud CDN Google memungkinkan pengguna memanfaatkan kekuatan infrastruktur raksasa teknologi yang luas. Tidak mengherankan jika Cloud CDN ini memberikan kecepatan, menggunakan sistem caching dan jaringan globalnya untuk mengirimkan konten dengan cepat ke pengguna di berbagai perangkat.

Meskipun layanan ini tidak sepenuhnya gratis, Google memang menawarkan uji coba gratis 90 hari dengan kredit gratis senilai $300 dan penggunaan 20 produk gratis. Selain itu, ada paket bayar sesuai pemakaian, tetapi bisa jadi mahal untuk situs yang memiliki lalu lintas tinggi. Ada kalkulator praktis untuk membantu Anda memperkirakan biaya jika Anda tidak yakin paket mana yang terbaik. CDN juga dilengkapi dengan sertifikat SSL gratis bawaan.

Pengorbanan dengan CDN Google adalah tidak ramah bagi pemula. Jika Anda sudah menggunakan platform Cloud, menyiapkan CDN adalah proses yang jauh lebih sederhana. Jika tidak, Anda perlu melakukan beberapa langkah lagi untuk memulai, memilih dari tiga opsi hosting WordPress. Untuk blog, opsi penyiapan terbaik dan tercepat adalah Compute Engine.

Layanan CDN ini sangat cocok untuk: Pemilik situs web mapan yang membutuhkan kecepatan tinggi dan pemilik yang sudah terbiasa dengan platform Google Cloud. Selain itu, ini adalah pilihan bagus bagi mereka yang memiliki anggaran khusus yang ingin beralih dari layanan gratis ke berbayar.

* * * * *

Gunakan CDN untuk Mempercepat Situs Web Anda

Kecepatan situs sangat penting. Mesin pencari seperti Google menggunakan Load Time sebagai faktor peringkat — dan jika situs Anda berkinerja buruk dan pengguna terpental, itu juga dapat menandakan pengalaman pengguna yang buruk. Dengan CDN, Anda dapat memastikan file situs statis Anda dikirimkan lebih cepat, load time halaman Anda rendah, dan situs Anda berkinerja baik di SERP.

Young
Young Terlalu muda untuk dikritik dan terlalu dewasa untuk di nasehati :)

Posting Komentar untuk "10 Layanan CDN Gratis Terbaik untuk Mempercepat Situs WordPress Anda"